blank
Para Juara OSN Tingkat Kabupaten Jepara Tahun 2022

JEPARA (SUARABARU.ID) – Bertempat di SMPN 3 Jepara pada hari ini Rabu (18/5-2022)   telah dilaksanakan Olimpiade Sains Nasional (OSN) jenjang SMP Tingkat Kabupaten Jepara tahun 2022. Kegiatan yang dibuka oleh Haryanto selaku Plt Kabid SMP tersebut diikuti 188 siswa yang terdiri dari Matematika 59 siswa, IPA 61 siswa, dan IPS 68 siswa.

Dalam sambutannya, Haryanto menyampaikan bahwa hasil OSN di Tingkat Kabupaten tidak mempengaruhi keikutsertaan siswa pada OSN di Tingkat Nasional yang dilaksanakan secara daring. Untuk itu dia menekankan agar sekolah tetap mendaftarkan peserta didik guna mengikuti di Tingkat Nasional dimana batas akhir pendaftaran tanggal 31 Mei 2022. Setiap sekolah maksimal bisa mengikuti 1 siswa untuk masing-masing mata pelajaran.

OSN Tingkat Kabupaten dilaksanakan untuk membekali siswa agar memiliki pengalaman tanding guna mengikuti Tingkat Nasional. Selain itu juga untuk memotivasi guru agar senantiasa meningkatkan kualitas dan kreavitivas pembelajaran Matematika, IPA, dan IPS juga untuk memotivasi satuan pendidikan agar berupaya  meningkatkan kualitas penyelenggaraan pendidikan, imbuhnya.

OSN yang dilaksanakan secara luring dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan tersebut pada mapel IPA peserta harus mengerjakan 80 soal, IPS terdiri 100 soal masing-masing pilihan ganda serta Matematika terdiri dari 15 soal pilihan ganda dan 10 soal isian singkat yang harus dikerjakan peserta selama 150 menit.

Setelah melalui proses pengoreksian dari tim juri yang terdiri dari Riyanto, Shofuan, Widodo, Upik Setyawan, Rosita P dari unsur Pengawas SMP, Eko Mursulistiono dari kepala SMP, serta Shin’an Musfiqi, Desak Putu Buntarini, Muh Bachtiar Rouf dari unsur Guru akhirnya terpilih juara 1, 2, dan 3 untuk masing-masing mapel.

Daftar Juara

Mata pelajaran IPA, Juara 1 diraih oleh Cloris Fidela dari SMPN 1 Jepara, Juara 2 Aulia Nur Ardisna Ayu P dari SMP UT Bumi Kartini, Juara 3 Majid Fadlilla Pasya dari  SMPN 2 Jepara. Mapel Matematika, Juara 1 diraih oleh Keiko Adyuta Alana dari SMP Negeri 1 Mlonggo, Juara 2 Fayyadl Tsaqib dari SMP Negeri 1 Jepara, Juara 3 Acintya Aurella Candrawati SMP Negeri 1 Bangsri.

Untuk  Mapel IPS, Juara 1 diraih Deco Alfian Muchlis dari SMP Negeri 1 Bangsri, Juara 2 Kallila Tsakata Dewi Lumintang dari SMP Negeri 5 Jepara, Juara 3 Muhammad Dafaul Khoiri dari SMP UT Bumi Kartini.

Para juara selain mendapatkan piala dan piagam penghargaan, juga uang pembinaan sebesar Rp 2.500.000 untuk juara I, Rp 2.250.000 untuk juara II, dan 2.000.000 juara III di masing-masing mata pelajaran.

Hadepe – Wuri