blank
Bupati Jepara Dian Kritiandi berziarah ke makam waliyullah Syeh Kambang.

JEPARA (SUARABARU.ID) – Dalam kunjungannya ke Pulau Karimunjawa, Minggu (15/5/2022), Bupati Jepara Dian Kristiandi berkesempatan melakukan ziarah ke makam Syeh Kambang Karimunjawa. Ia diyakini sebagai Waliyullah yang berjasa dalam penyebaran agama Islam

Makam tersebut tidak diketahui secara pasti sejak kapan keberadaannya. Makam Syeh Kambang atau Mbah Kambang ini terletak di sebuah bukit kecil di ujung Pantai Anora.

Lokasi makam tersebut berada di kawasan Balai Taman Nasional (BTN) Karimunjawa. Sekitar makam masih ditumbuhi pohon-pohon, dan sebagian berupa semak belukar. Kawasan makam masih menjadi habitat kera.

BACA JUGA Mbah Kholil “Crazy Rich” Asal Jepara, Pratikno: Ajak Warga Apresiasi

Untuk bisa menjangkau lokasi ini sebenarnya tidak terlalu jauh. Hanya saja medan yang dilalui cukup sulit. Untuk kendaraan roda empat, pengemudi harus berkonsentrasi penuh karena harus melewati jalan sempit berbatu, dan tebing yang berada di sisi pantai. Sebagian badan jalan sudah terkena abrasi.

Syeh Kambang berdasarkan cerita tutur dikenal sebagai waliyullah, yang pada masa hidupnya memiliki karomah dan keistimewaan. Karena itu makamnya menjadi lokasi wisata religi di Karimunjawa.

Bupati Jepara Dian Kristiandi mengatakan, makam Syeh Kambang ini sangat berpotensi menjadi lokasi wisata religi yang ada di Karimunjawa. Selain penyebar agama islam pada masa itu, ia juga seorang waliullah yang harus dihormati. Salah satunya dengan menjaga keberadan makamnya.

BACA JUGA Ini Kronologi Kasus Pengeroyokan Hingga Tewas, Kapolres Jepara : Pelaku Terus Diburu

Di masa akhir kepemimpinannya, bupati juga siap membantu untuk panataan makam ini. Termasuk penerangan di lokasi makam yang masih gelap. Juga penataan di sekitar makam. Sehingga akan memberikan kenyamanan kepada para peziarah yang datang.

Kemudian dilanjutkan dengan penataan lingkungan sekitar makam. Termasuk tempat wudu, pagar makam, juga akses jalan menuju makam.

Dengan adanya sejumlah makam waliullah di Karimunjawa, menunjukkan kedekatan masyarakat Jepara pada masa itu, dengan para wali utusan Allah SWT. Mereka merupakan leluhur, yang jejak peninggalannya bisa dirasakan sampai sekarang.

Menurut Camat Karimunjawa Muslikin, ada sejumlah makam waliullah yang mengitari Pulau Karimunjawa dan melakukan penyebaran islam. Mulai dari Syekh Amir Hasan (Sunan Nyamplungan), Sayyid Abdullah bin Abdullatif (Sunan Legon Kluwak), Mbah Danang Joyo, dan juga Syeh Kambang.

Alvaros – Hadepe