Harga jual sejumlah komoditas kebutuhan pokok di Pasar Bitingan Kudus. Foto:Suarabaru.id

KUDUS (SUARABARU.ID) – Setelah sempat mengalami lonjakan saat lebaran, harga sejumlah kebutuhan pokok di Kabupaten Kudus, terpantau mulai berangsur normal.

Beberapa komoditas mengalami penurunan harga yang cukup signifikan seiring mulai berkurangnya kebutuhan masyarakat.

Berdasarkan pantauan harga Dinas Perdagangan, Sabtu (14/5), penurunan cukup signifikan terjadi pada komoditas daging ayam. Saat ini, harga daging ayam berkisar di angka Rp 38 ribu per kilogram, setelah sebelumnya sempat melonjak tinggi di harga Rp 60 ribu per kilogram.

Penurunan harga juga terjadi pada komoditas cabe rawit merah yang saat ini sudah turun menjadi Rp 30 ribu per kilogram setelah sebelumnya sempat menembus Rp 40 ribu per kilogram.

Sementara, komoditas yang harganya masih cenderung tak beranjak diantaranya daging sapi yang mencapai Rp 125 ribu per kilogram dan telur ayam ras yang mencapai Rp 26 ribu per kilogram.

Untuk harga minyak goreng kemasan, terpantau juga masih cenderung belum banyak berubah harganya. Untuk minyak goreng kemasan merk Bimoli, harga masih berkisar Rp 23.500 per liter, turun hanya Rp 500 dari harga semula Rp 24.000 per liter.

Pedagang pasar Bitingan, Tutik Nur Asiani mengatakan sejak lebaran ketupat, harga sejumlah kebutuhan pokok memang mulai turun.

“Memang ada penurunan, dan ini biasa setelah lebaran,”katanya.

Menurutnya, penurunan harga terjadi karena berkurangnya permintaan masyarakat. Pedagang berharap harga akan terus stabil agar tidak memberatkan masyarakat.

Tm-Ab