blank
Kapolres Demak AKBP Budi Adhy Buono didampingi para pejabat utama Polres Demak melakukan pemantauan di peternakan milik masyarakat, yaitu di PT. Sapi Utomo, Desa Jogoloyo, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Demak, Sabtu (14/5/2022). Foto : Dok Humas Polda Jateng

Langkah yang telah dilakukan, yaitu melakukan survei ke peternakan, pemeriksaan hewan di petenakan dan juga membuat Posko pengaduan bagi peternak yang menemukan indikasi PMK serta mengintensifkan edukasi kepada masyarakat sampai level desa atau kelurahan melalui Bhabinkamtibmas dan Babinsa.

“Sesuai arahan dari Kapolri, Polres Demak telah mengambil langkah-langkah pencegahan penyebaran virus Penyakit Mulut dan Kuku pada hewan ternak serta edukasi oleh Bhabinkamtibmas dan Babinsa sampai ke pelosok desa, agar masyarakat waspada,“ ungkapnya.

 

Kerjasama dengan Pihak Terkait

Polres Demak akan terus bekerjasama dengan pihak-pihak terkait, seperti dinas pertanian Kabupaten Demak, TNI, kecamatan, desa, hingga perangkat  tingkat RT, untuk melakukan pengecekan hewan ternak secara berkala serta mendata jumlah ternak, pemilik dan alamatnya supaya dapat memetakan posisi kerawanan.

“Kami mengimbau kepada warga jika hewan ternaknya mengalami sakit agar dipisahkan dengan hewan ternak lainnya. Hal itu dilakukan untuk penanganan dini virus PMK agar tidak menular ke hewan ternak lain,” terangnya.