Tradisi Pedang Pora menyambut kedatangan AKBP Burhanuddin dan Ny Dyah Eka Burhanuddin memasuki Mapolres Kebumen Sabtu 14/5.(Foto:SB/Sie Humas)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Burhanuddin resmi menjalankan tugasnya sebagai Kapolres Kebumen.

Tradisi pedang pora di Mapolres Kebumen, Sabtu (14/5/2022), menyambut kedatangan Kapolres yang baru tersebut berlangsusg khidmad.

Penyambutan dengan tradisi pedang pora dipimpin langsung oleh Wakapolres Kebumen Kompol Edi Wibowo yang juga dihadiri PJU Polres, para Kapolsek, para Perwira dan seluruh keluarga besar Polres Kebumen.

Begitu memasuki gebang Mapolres, AKBP Burhanuddin bersama istri Ny dr Dyah Eka Burhanuddin disambut dengan pengalungan bunga dan memasuki gerbang pora.

Pejabat lama AKBP Piter Yanottama menyerahkan memori laporan satuan kepada Kapolres AKBP Burhanuddin di Gedung Tri Brata Mapolres Sabtu 14/5.(Foto:SB/Sie Humas)

Sejumlah karangan bunga dari instansi samping dan para pejabat serta komunitas baik pimpinan parpol, pimpinan organisasi dan pengusaha turut menghiasi Mapolres Kebumen beberapa hari ini.

Kasubsi Penmas Aiptu S Catur Nugraha mengungkapkan, penyambutan dengan tradisi Upacara Pedang Pora merupakan tradisi turun-temurun Polres Kebumen saat menyambut pimpinan (Kapolres) maupun pejabat Polri lainnya.

“Pedang Pora sebagai bentuk penghormatan kepada Kapolres Kebumen. Upacara ini sudah turun-temurun,”jelas Aiptu Catur.

Teman Seangkatan Akpol 2002

Setelah disambut dengan pasukan pedang pora, pejabat lama AKBP Piter mendampingi Kapolres Kebumen melakukan pemotongan pita bunga memasuki gedung utama Mapolres.

“Dihadapan kita, ini adalah para PJU Polres, para Perwira Polres, serta Kapolsek jajaran yang siap mendukung tugas Pak Kapolres Kebumen,”kata AKBP Piter Yanottama saat memperkenalkan para personel Polres Kebumen.

“Selamat datang kepada sahabat saya, AKBP Burhanuddin di Polres Kebumen. Semoga ini menjadi langkah awal yang baik. Kami menyambut dengan suka cita,”tambahnya.

Menurut AKBP Piter Yanottama, AKBP Burhanuddin merupakan teman seangkatan alumni Akpol tahun 2002. Bahkan beberapa kali tugas bersama di Polda Metro Jaya.

Senada diungkapkan AKBP Burhanuddin, perkenalan lama dengan AKBP Piter Yanottama ia mengetahui persis bagaimana kinerja rekannya satu angkatan itu.

AKBP Burhanuddin akan melanjutkan apa yang telah dilaksanakan oleh AKBP Piter di Kebumen.

“Saya optimis, apa yang telah dilakukan oleh AKBP Piter Yanottama serta kerja sama para personel di Polres Kebumen sekalian. Apa yang telah dilakukan oleh AKBP Piter akan kami lanjutkan,”ungkap AKBP Burhanuddin dalam kegiatan Laporan Kesatuan (Lapsat) Serah Terima Jabatan (Sertijab) Kapolres di Gedung Tribrata Polres Kebumen.

Di akhir kegiatan Lapsat, AKBP Piter Yanottama menyerahkan memori Lapsat Sertijab Kapolres Kebumen kepada pejabat Kapolres baru AKBP Burhanuddin. Sabtu malam (14/5) digelar Lepas Sambut di Pendopo Rumah Dinas Bupati Kebumen.

Komper Wardopo