blank
Kiai Darodji saat memberikan tausiyah pada acara halal bihalal Keluarga Besar KONI Jateng. Foto: spr

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Tengah, Dr KH Achmad Darodji MSi berharap, KONI Jateng dibawah kepemimpinan Bona Ventura Sulistiana, bisa membawa atlet provinsi ini berprestasi tinggi dan semakin berjaya di ajang Nasional.

Harapan itu disampaikannya, saat memberikan tausiyah dalam acara halal bihalal keluarga besar KONI Jateng, di Kantor KONI Jateng Komplek Gelora Jatidiri Semarang, Jumat (13/5/2022).

Meskipun Halal bihalal terbatas hanya untuk pengurus dan karyawan kantor KONI Jateng, namun Ketua Umum KONI Jateng, Bona Ventura Sulistiana SH MH, mengundang juga tokoh-tokoh olahraga maupun ketua lembaga, yang terkait dengan keolahragaan.

BACA JUGA: KPP Pratama Boyolali Sita Truk Tanki Susu WP, Perusahaan Nunggak Pajak

Hadir pada acara itu, Ketua Komisi E DPRD Jateng Abdul Hamid SPdI, Kabid Keolahragaaan Disporapar Aria Chandra Destianto STP MSi, Analis Kebijakan Ahli Madya Sekda Provinsi Woro Budisayekti SSos MSi, Analis Kebijakan Ahli Muda Biro Kesra Provinsi Budi Martono SH MH.

Kemudian ada pula Koordinator PPHD Sri Wahyuningsih SH (mewakili Kabiro Hukum Provinsi), Kepala PPLOP Provinsi Eni Kurniati ST MM, Mario (mewakili Kepala Inspektorat Provinsi Dhani Widianto SSos MSi), Kapolsek Gajahmungkur Kompol Juliana BR Bangun SH MH.

Undangan lain yang hadir adalah, wakil-wakil pengprov cabang olahraga yang berkantor Kompleks GOR Jatidiri. Di antaranya Sekum PBSI Iswoyo, Sekum Perbakin Mugiyo Hartono, Ketua Harian IMI Dedi Satria Budiman, Wakil Ketua Umum II Sudjatmiko.

BACA JUGA: BKKBN Serahkan Bantuan Bedah Pawon Waras dan Tinjau Pelaksanaan KB MOW RSUD Blora

Hadir juga Ketua Kadin Jateng Harry Nuryanto (yang juga Wakil Ketua Umum III/Bidang Dana KONI Jateng) dan Ketua PWI Jateng Amir Machmud (yang juga wakil Ketua Umum IV KONI Jateng), Ketua Harian Pengprov Wushu Sudarsono.

Achmad Darodji yang juga selaku Ketua Basnaz Jateng menyampaikan, muara menuju prestasi tidak lepas dari tuntunan Nabi Muhammad SAW, yakni dengan memegang teguh kejujuran, kesabaran, dan disiplin.

”Bagaimana mau berprestasi, jika atlet tidak jujur dan disiplin. Ini kunci seorang atlet, dengan tetap menjunjung kedisiplinan Insya Allah akan berprestasi,” kata Achmad Darodji.

BACA JUGA: Upaya Pencegahan Virus PMK, Kapolres Demak Cek Peternakan Warga

Diungkapkan dia, jujur dan disiplin merupakan roh ibadah puasa. Sebab, mereka yang berpuasa itu tidak akan mencuri-curi kesempatan, Misalnya minum, meskipun tidak ada yang melihatnya.

”Semangat puasa itu harus kita jalankan terus setiap saat. Keyakinan kita, Allah selalu mengawasi, bukan hanya saat berpuasa saja,” imbuhnya.

Pada kesempatan itu, Kiai Darodji juga menyampaikan, halal bihalal merupakan produk asli masyarakat Indonesia. Bahkan acara halal bihalal sekarang ini ditiru negara lain, seperti Malaysia. ”kita bersyukur, di negara kita ada kegiatan halal bihalal, yang ternyata banyak manfaatnya,” tutur dia.

BACA JUGA: Polresta Surakarta Bersama Serikat Buruh Kota Surakarta Gelar Silaturahmi dan Bhakti Sosial

Menurut mantan pengajar UIN Walisongo Semarang itu, kegunaan halal bihalal bagi masyarakat Indonesia, tidak hanya sebagai ritual keagamaan saja. Namun bersifat universal, yang diikuti seluruh masyarakat agama apapun.

”Sebab, setelah umat Islam selama satu bulan berpuasa Ramadan, tentu ingin tetap suci, yakni dengan saling bermaaf-maafan satu sama lain,” jelas Kiai Darodji.

Sementara itu, Bona Ventura Sulistiana dalam sambutannya menyatakan, hikmah dari halal bihalal adalah, memumpuk kerukunan, kekompakkan seluruh keluarga besar KONI Jateng, termasuk juga para atlet.

Dijelaskan dia, selama memimpin KONI Jateng, pihaknya bertekad menjalankan tugas dengan lurus, demi prestasi olahraga di provinsi ini.

Sigit PR