blank
Sebelum lari 4,5 kilometer, 15 orang calon ASN Lapas Semarang melakukan pemanasan. Foto: Dok/Humas Lapas

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Semarang memberikan orientasi kepada 15 Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) baru, berupa latihan fisik olahraga, yaitu dengan berlari, Sabtu (14/5/2022).

Kegiatan dipimpin langsung oleh Kepala Lapas Semarang, Tri Saptono Sambudji yang diawali dengan gerakan pemanasan, kemudian dilanjutkan dengan berlari atau jogging running track sejauh 4,5 kilometer.

Tri Saptono menjelaskan, kegiatan ini dilakukan dengan tujuan untuk menjaga kebugaran fisik demi konsistensi dan disiplin dalam bertugas.

“Dengan berolahraga, kita dapat menjaga ketahanan dan kebugaran serta memupuk jiwa korsa petugas, sehingga dapat menjaga rasa kebersamaan dan persaudaraan,” ungkap Tri Saptono.

Menurutnya, kedisiplinan dan mental yang kuat secara fisik serta sigap dan siap sangat diperlukan oleh petugas Lapas. “Terlebih lagi mereka nantinya akan ditempatkan di satuan pengamanan yang memerlukan sikap tegas dan disiplin dalam membina narapidana,” ujarnya.

“Petugas Lapas harus sadar akan pentingnya disiplin bertugas, baik disiplin kehadiran dan taat jam kerja, disiplin memakai atribut pakaian dinas, serta disiplin berperilaku,” tandasnya.

Disampaikan bahwa tingkat kebugaran jasmani perlu ditingkatkan, karena tanpa itu semua badan menjadi kurang semangat, bahkan menjadi loyo dan lesu.

Dirinya menilai latihan ketahanan fisik sangat berperan untuk mempertahankan atau meningkatkan kebugaran jasmani seorang petugas dalam melaksanakan tugas pokok sehari-hari.

“Diharapkan petugas dapat memiliki rasa senasib sepenanggungan, sehingga bisa lebih responsif dan selalu dalam keadaan siap siaga dalam kondisi apapun,” tuturnya.

Ning