blank
Petugas tengah melakukan pemeriksaan terhadap ternak sapi di Pasar Kebondalem Kidul Kecamatan Prambanan sekaligus melakukan sosialisasi terkait antisipasi PMK. Foto: Dok/Res Klt

KLATEN (SUARABARU.ID) – Kepolisian Resor (Polres) Klaten bersama Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan setempat melakukan melakukan antisipasi bersama terkait Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) hewan ternak.

Langkah pengawasan telah dilakukan di antaranya melakukan sosialisasi, pendataan serta uji sampel hewan ternak di sejumlah peternakan dan pasar hewan di Kabupaten Klaten. Di beberapa lokasi, hewan ternak masyarakat juga diberikan vaksin.

“Sejak isu ini muncul kami sudah perintahkan jajaran turun ke peternak sapi atau kambing dan juga pasar hewan yang ada di wilayahnya. Kami berikan pendampingan agar masyarakat paham apa dan bagaimana itu PMK serta langkah antisipasinya,” kata Kapolres Klaten AKBP Eko Prasetyo SH SIK MH, Sabtu (14/5/2022).

Kapolres AKBP Eko Prasetyo SH SIK MH lebih lanjut mengatakan, dua kegitan terkait antisipasi PMK dilakukan jajarannya bersama instansi terkait saat ini. Yakni di desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang dan di Pasar Sapi Desa Kebondalem Kidul, Kecamatan  Prambanan.

Pada lokasi sentra produksi dan perdagangan sapi ini petugas melakukan sosialisasi terkait PMK, salah satunya mengenai  ciri-ciri hewan yang terjangkit virus tersebut.