Ia menambahkan, pihaknya akan menempatkan sejumlah petugas untuk mengarahkan para wisatawan agar bisa keluar dari halaman candi dan tidak mengganggu prosesi Waisak.

“Nantinya akan kami tempatkan sejumlah tenaga kemanan baik dari TWC maupun dari Balai Konservasi Borobudur dan juga dari panitia  Waisak,’’ ujarnya.

Selain kegiatan ibadah detik-detik Waisak yang dilaksanakan di halaman Kenari,  kegiatan lainnya akan berlangsung zona II yakni di Taman Lumbini. Yakni, acara Dharmasanti Waisak yang dilakukan pada Senin malam.

‘’Seusai Dharmasanti Waisak, dilanjutkan dengan  tradisi penerbangan lampion ramah lingkungan di Taman Lumbini,” ujarnya.

Menurutnya, penerbangan lampion ramah lingkungan  tersebut dibagi dalam dua sesi. Yakni, pukul 18.00 WIB dan pukul 20.00 WIB.

Sementara itu, pada Jumat (14/5/2022) sejumlah pekerja tampak sedang mempersiapkan panggung yang akan digunakan untuk ibadah detik-detik Waisak di halaman Kenari dan Taman Lumbini kompleks Candi Borobudur dan di halaman Candi Mendut.

Untuk halaman Candi Mendut akan digunakan untuk puja bakti  selama air suci  dan api abadi Waisak disemayamkan di Candi Mendut. Sedangkan di halaman Kenari akan digunakan untuk puja bakti detik-detik Waisak.

Sementara di halaman Taman Lumbini, kompleks Candi Borobudur akan digunakann untuk Dharmasanti Waisak dan penerbangan lampion ramah lingkungan.

Yon