blank
Silaturahmi pengurus Dewan Masjid Indonesia Kabupaten Kudus bersama Ketua DPRD Kabupaten Kudus. Foto:dprdkudus

KUDUS (SUARABARU.ID) – Ketua DPRD Kabupaten Kudus Masan SE MM memberikan dukungan kepada pengurus Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kabupaten Kudus untuk terus memberikan kontribusi positif kepasa umat.

Dukungan tersebut disampaikan Masan saat menerima audiensi pengurus DMI Kabupaten Kudus di gedung DPRD, Selasa (11/5). Hadir dalam acara tersebut Ketua DMI Kabupaten Kudus, Noor Badi dan jajaran pengurusnya.

Selain berhalal bi halal, pertemuan tersebut juga menjadi diskusi antara DMI dengan DPRD utamanya dalam membahas persoalan sosial keagamaan yang ada di wilayah Kabupaten Kudus.

“Dewan Masjid Indonesia harus bisa memberikan kontribusi kepada umat. Selain berperan dalam memakmurkan masjid, DMI harus juga harus mampu menjadikan masjid sebagai solusi dari permasalahan sosial kemasyarakatan,”kata Masan.

Masan mencontohkan peran DMI untuk mengelola dana zakat, infaq dan sodakoh dari masyarakat. Pengelolaan dana tersebut sejauh ini dilakukan melalui BAZNAS yang mana pentasyarufannya sangat membantu Pemerintah Kabupaten untuk menangani kemiskinan.

Adanya dana yang telah dikumpulkan dapat mempermudah pemerintah dalam memberikan bantuan kepada masyarakat tanpa menunggu pengesahan APBD.

“Beberapa kali Pemkab mendapat dukungan untuk melaksanakan kegiatan bedah rumah, serta bantuan untuk warga tak mampu. Ini merupakan sinergi yang baik,”paparnya.

blank
Suasana audiensi pengurus DMI Kabupaten Kudus bersama Ketua DPRD Kudus. Foto:Ali Bustomi

Sementara itu, anggota Komisi D DPRD Kudus Muhtamat yang juga hadir dalam pengukuhan tersebut mengatakan, dirinya berharap ada peran DMI untuk terus menjadikan masjid sebagai pusat kegiatan umat.

Tak hanya untuk beribadah saja, Masjid juga memiliki peran untuk menjadi solusi persoalan ekonomi, sosial dan kemasyarakatan bahkan untuk meningkatkan kerukunan antarumat beragama.

“Saya berharap DMI bisa membuat kegiatan-kegiatan yang memang bertujuan untuk memberdayakan masjid. Masjid harus bisa didesain senyaman mungkin sehingga orang-orang bisa senang ketika beribadah ataupun berkegiatan di masjid. Dengan begitu, generasi muda akan lebih mencintai masjid ke depannya,” tuturnya.

Dan juga harapannya kepada seluruh pengurus DMI tingkat Kecamatan di wilayah Kabupaten Kudus untuk tetap bersinergi dalam mengembangkan berbagai kegiatan yang positif dan menuju Kudus Baldatun Thoyyibatun Wa Robbun Gofur.

Sementara, Ketua DMI Kabupaten Kudus Noor Badi mengapresiasi dukungan penuh DPRD Kudus terhadap lembaga yang dipimpinnya. Noor Badi juga berharap, DPRD Kudus terus memberikan suport agar kegiatan DMI bisa memberikan manfaat kepada masyarakat.

Tm-Ab