blank
Waka Abdimas & Ka Pramuka Peduli Kwarda Jateng, Dra. Wika Bintang, MM menyerahkan bingkisan dan masker utk petugas posko kwarcab. Foto: Ekoprams

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Ada yang berbeda dalam Aksi Pramuka Peduli Karya Bakti Lebaran (APPKL) Tahun 2022 di beberapa Kwartir Cabang (Kwarcab) wilayah Kwartir Daerah Jawa Tengah (Kwarda Jateng).

Secara rutin beberapa posko lebaran kwarcab baik yang mandiri maupun bergabung dengan beberapa instansi terkait,  berfokus membantu mengatur lalu lintas dan menjadi tim pengurai kemacetan di lokasi-lokasi rawan macet. Namun tidak demikian yang terjadi di Lebaran 1443 H.

Hal itu disampaikan Dra. Eko Gustini Wardani Pramukawati, anggota Ketua Pramuka Peduli Kwarda Jateng melalui rilis yang dikirim ke SUARABARU.ID, Kamis (12/5/2022). Menurut Eko Gustini, hal tersebut antara lain ditandai dengan bertambahnya ragam kegiatan di berbagai Kwartir Cabang (Kwarcab).

Saat Tim A Kwarda Jateng yang digawangi Waka Abdimas dan Ketua Pramuka Peduli, Dra. Wika Bintang, MM dengan anggota Drs. Agoes Waluyo,MM, Dra. Eko Gustini Wardani Pramukawati, dan Hermawan berkunjung ke Temanggung, misalnya.

Beberapa anggota Pramuka tampak membagikan masker kepada masyarakat, khususnya di sekitar areal Terminal Madureso di Jalan Suwandi dan di Pasar Kliwon. Demikian pula saat di Kwarcab Wonosobo, diinisiasi Waka Humas Abdimas, Dra. Widyastuti, kwarcab yang terkenal dengan buah carica tersebut pada Bulan Ramadan 1443 H ini memprogramkan anjangsana kepada lima  tokoh Pramuka.

Tokoh Pramuka yang diku jungi antara lain Suwarto dan Sri Utami. “Kegiatan ini dimaksudkan untuk memberikan contoh kepada generas muda, tentang penghargaan dan penghormatan kepada sesepuh termasuk dalam kepramukaan.

blank
Pembagian sembako dari Kwarcab Cilacap. Foto: Dok Kwarda Jateng

Mereka para pendahulu yang ibaratnya membuka jalan  dan memberikan contoh tentang kepramukaan secara nyata. Beliau-beliau itu punya bergudang pengalaman tentang kepramukaan dari sejak siaga (dulu disebut kurcaci) sampai Pembina. Maka di sinilah anjangsana ini juga dimaksudkan untuk ngangsu kawruh,” kata kak Wied panggilan akrab akrabnya.

Vaksinasi dan Live Report

Di Kwarcab Banjarnegara, salah satu kegiatan posko lebaran khususnya yang berlokasi di alun-alun adalah membantu kegiatan vaksinasi dosis 1, 2 dan booster. Pramuka bertugas dalam hal pendaftaran, dan cetak data lembar vaksinasi, serta berbagi masker khususnya kepada masyarakat yang bervaksin dan melintas tanpa masker.