blank
KKN di Desa Penari. Foto: Instagram @mdpictures_officia

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Film yang sudah ditunggu-tunggu oleh seluruh masyarakat Indonesia yang berjudul “KKN di Desa Penari” kini sudah dapat disaksikan di bioskop. Film yang disutradarai Awi Suryadi ini sempat mengalami penundaan selama dua tahun karena situasi pandemi Covid-19.

Bahkan MD Pictures telah menggarap film KKN di Desa Penari sejak tahun 2019 dan direncanakan tayang pada tahun 2022. Pada akhirnya film ini tayang perdana pada 30 April 2022 yang lalu dan masih bisa ditonton hingga sekarang.

Dilasir dari Suara.com, apa saja fakta menarik film KKN di Desa Penari?

Baca Juga: Jelang Libur Lebaran, Rekomendasi Film Bioskop Temani Waktu Luang

Dibalik dari ditunda penayangannya, ada beberapa fakta menarik KKN di Desa Penari yang wajib untuk diketahui oleh para penggemar film ini. Simak ulasannya berikut ini.

Sinopsis KKN di Desa Penari

Film KKN di Desa Penari mengisahkan kejadian mistis yang menimpa enam mahasiswa KKN yang bernama Nur (Tissa Biani), Widya (Adinda Thomas), Ayu (Aghniny Haque), Bima (Achmad Megantara), Anton (Calvin Jeremy), dan Wahyu (Fajar Nugraha).

Mereka bertemu dengan kepala desa yang bernama Pak Prabu (Kiki Narendra). Pak Prabu mengingatkan untuk mematuhi seluruh aturan dan menghindari tempat terlarang di desa itu. Hari-hari yang awalnya normal berubah menjadi mencekam setelah Nur dan Widya diganggu oleh seorang penari.

Baca Juga: Sinopsis Serta Fakta Menarik Film Metavers Ready Player One

Bima juga mulai berubah sikapnya dan membuat program KKN menjadi berantakan. Nur juga menemukan bahwa ada salah satu dari mereka yang melanggar aturan di desa itu. Mereka meminta tolong kepada Mbah Buyut (Diding Boneng) yang juga merupakan dukun setempat untuk mengatasi permasalahan mereka.

Diangkat dari Thread yang Viral di Twitter

Awal mula viralnya KKN di Desa Penari berasal dari adanya thread horor yang diposting oleh pengguna Twitter bernama SimpleMan (@SimpleM81378523). Dalam thread tersebut mengisahkan sekelompok mahasiswa yang sedang melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di sebuah desa terpencil di Jawa Timur.

Thread tersebut mengambil dua sudut pandang mahasiswa yang bernama Nur dan Widya. Kisah ini konon katanya diangkat dari kisah nyata.

Baca Juga: Sinopsis Film “Pengabdi Setan: 2 Communion” Akan Tayang 4 Agustus 2022

Nama Penulis Cerita dan Nama Desa Masih Misteri

Dibalik viralnya kisah KKN di Desa Penari ini, nampaknya sosok sang penulis atau SimpleMan masih misteri dan tidak ada yang mengetahui identitas aslinya. Tak hanya itu, nama desa dan lokasi yang diceritakan juga masih dirahasiakan oleh Simpleman.

SimpleMan hanya menulis jika kota tempat kejadian tersebut berinisial B, namun mahasiswa yang jadi korban menyebut ceritanya berasal dari kota S.

Ditunda Selama 2 Tahun

Seperti yang diketahui bahwa film KKN di Desa Penari ini terpaksa ditunda untuk waktu yang belum bisa ditentukan hingga 2 tahun lamanya. MD Pictures sudah selesai menggarap film ini di tahun 2019 dan dijadwalkan tayang pada tahun 2020. Namun angka kasus pandemi Covid-19 semakin naik di Indonesia.

Baca Juga: Sinopsis Serial “High and Low the Worst” Hingga Film Debut Yuta NCT “High & Low : The Worst X”

Pada awal 2022, MD Pictures sempat mengumumkan akan menayangkan film ini pada bulan Februari. Namun sayangnya para penonton diharuskan bersabar lebih lama lagi karena film kembali ditunda karena aturan PPKM. Pada akhirnya film telah resmi tayang pada 30 April 2022 yang lalu.

Menghabiskan Dana Miliaran

Manoj Punjabi selaku produser film KKN di Desa Penari sempat menjelaskan bahwa proses pembuatan film ini membutuhkan biaya hingga puluhan miliar.

“Banyak (kesulitan), waktu itu kita syuting bulan November sampai Desember, lagi hujan-hujannya, bangun set di hutan sempet lengser. Banyak banget cobaan yang kita alamin,” beber Manoj Punjabi.

Baca Juga: Film Horor dengan Latar Kebudayaan Bali “Tutuge” Siap Tayang di Bioskop 14 April Mendatang

Penyesalan dari Penulis

Penulis cerita KKN di Desa Penari, SimpleMan sempat mengungkapkan penyesalannya menulis kisah tersebut hingga menjadi viral melalui kanal YouTube Raditya Dika.

Ia menyebutkan bahwa ada banyak pihak yang mengalami kejadian secara langsung merasa terganggu karena media sosialnya dipenuhi oleh komentar warganet. Padahal dari pihaknya telah menyembunyikan identitas, lokasi kejadian dan nama kampus.

Itulah informasi seputar fakta menarik dari film KKN di Desa Penari yang kini telah tayang di bioskop di seluruh Indonesia.

Claudia