blank
Ilustrasi sirup rumahan. Foto: Suara.com

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Saat cuaca panas, rasanya sangat nikmat jika kita minum segelas es sirup, yang bisa didapat di toko atau supermarket terdekat.

Sirup umumnya dikemas dalam botol dengan varian rasa yang beragam, yang harganya relatif mahal per botolnya.

Sebagai alternatif, anda bisa membuat sirup rumahan sederhana sendiri di rumah, dimana cara membuatnya juga mudah yang bahan-bahannya gampang dicari.

Dilansir dari Suara.com (YouTube @RestartRF dan laman Hops.id), ini resep sirup rumahan yang patut anda coba.

Bahan utama

1 kilogram gula pasir
5 – 10 tetes Pasta cocopandan
500 ml air mentah
2 helai daun pandan
1 buah jeruk nipis

Cara membuat :

Pertama, tuangkan ke dalam panci 500 ml air mentah yang telah disiapkan. Lakukan langkah ini bersamaan dengan 1 kg gula pasir yang juga dituangkan seluruhnya ke dalam panci.

Ikat dua helai pandan menjadi satu dan masukkan juga ke dalam panci. Tidak perlu dihancurkan, biarkan saja daun pandan terikat utuh.

Kemudian iris Jeruk Nipis dan peras airnya. Masukkan air perasannya ke dalam panci tadi bersama bahan lainnya. Fungsi Jeruk di sini agar menambah rasa asam pada sirup dan menyamarkan rasa ‘enek’ sirup rumahan.

Bahan terakhir yang dimasukkan adalah pasta cocopandan. Cukup tetes pasta cocopandan sesuai kekentalan warna yang diinginkan. Teteskan cukup banyak jika ingin semakin terlihat memerah.

Apabila seluruh bahan telah dimasukkan, maka tahap kedua yaitu memasaknya di atas api. Panaskan kompor dan aduk kedua bahan tersebut menggunakan sendok sayur atau apapun yang kalian miliki di rumah untuk mengaduk.

Tunggu hingga gula tercampur rata dan air nampak mendidih, barulah matikan kompor lalu dinginkan sirup rumahan sebentar.

Langkah terakhir, masukkan sirup rumahan ke dalam botol menggunakan saringan dan simpan ke dalam kulkas atau bisa langsung kalian pakai untuk melumeri es buah segar.
Es buah dengan lumuran sirup rumahan yang manis di atasnya pun siap disantap untuk berbuka puasa bersama keluarga.

Setelah selesai membuat sirup rumahan, kalian bisa letakkan sirup di dalam kulkas. Masa penyimpanan di dalam kulkas dapat bertahan hingga 6 bulan dan 3 bulan untuk penyimpanan di luar kulkas.

Simple banget kan? Bisa menikmati es buah dengan lumuran sirup rumahan, hasil buatan sendiri untuk keluarga.

Ning