blank

Bahagia rasanya saat lebaran bisa menikmati kue lebaran seperti nastar dan kastengel yang mungkin hanya ada saat lebaran. Hidangan opor ayam dengan ketupat sebagai pelengkapnya turut memanjakan lidah.

Senangnya bisa memakan hidangan khas lebaran sehingga terkadang susah bagi kita mengontrol berapa banyak kalori yang masuk di tubuh kita. Di sini, SUARABARU.ID punya cara mengembalikan tubuh kita yang tadinya membengkak seusai lebaran menjadi kembali langsing. Berikut tipsnya:

1. Kurangi mengonsumsi makanan manis.
Setelah banyak mengonsumsi makanan dan minuman manis saat lebaran, saatnya kita membenahi diri dengan menguranginya dan menggantinya dengan buah. Karbohidrat kompleks yang terkandung pada buah memberikan tambahan energi.

2. Perbanyak minum air putih
Air putih tak hanya mencegah kita dari dehidrasi, tapi juga meningkatkan metabolisme tubuh. Setidaknya minum air putih 4 liter sehari, metabolisme tubuh menjadi lancar sehingga mampu membakar lemak dan kalori lebih banyak.

3. Olahraga teratur
Manfaat olahraga salah satunya adalah melancarkan pencernaan. Sebab olahraga mampu meningkatkan kemampuan otot untuk menghasilkan lebih banyak oksigen di dalam sirkulasi darah menjadikan kinerja jantung efisien dan membakar kalori pada tubuh. Idealnya berolahraga teratur dengan durasi 30 menit setiap hari.

4. Mengonsumsi makanan sehat kaya serat dan tinggi protein
Hal penting bagi kita untuk menjaga asupan gizi yang masuk ke dalam tubuh, yaitu menambahkan serat dan protein. Kurangi atau hindari makanan berkalori tinggi seperti makanan cepat saji. Selain itu, hindari juga makanan gorengan.

Alvaros