blank
(Foto ilustrasi)

Setiap informasi hadir melalui berbagai sumber, baik sumber perorangan, kelompok, media massa dan khususnya saat ini sumber dapat ditemukan dengan mudah melalui media sosial berplatform digital. Sumber informasi yang ada di internet, khususnya, sangat cepat menyebar. Namun, perlu kita waspadai adanya informasi palsu yang beredar agar kita tidak terpengaruh dan termakan hoax.

Tips yang bisa kita lakukan untuk menghindari informasi hoax adalah sebagai berikut:

  1. Jangan langsung termakan judul tanpa membaca isinya

Judul merupakan pintu masuk sebelum kita membaca isi berita. Sangat wajar jika penulis menggunakan judul clickbait untuk memancing rasa penasaran. Tak jarang juga judul yang kita temukan di internet tidak sinkron dengan isi artikelnya. Jadi, intinya jika kita melihat judul artikel tampak aneh atau berlebihan, baca dulu isinya sebelum kita memutuskan kebenaran informasinya.

BACA JUGA Hindari Phubbing Saat Berkumpul

  1. Cek sumber informasi berita

Mengkonfirmasi sebuah artikel atau berita adalah sebuah kewajiban. Kita harus memperhatikan  dan menelaah sumber beritanya sebelum kita sebarkan melalui platform media sosial whatsapp, facebook, twitter, dan lain-lain. Jika tidak ada sumbernya, sebaiknya diskip saja.

  1. Hindari kebiasaan asal share

Berita palsu atau hoax sangat mudah dan cepat beredar jika informasi langsung dibagikan ke lingkaran (circle) grup khusus tanpa dicek kebenarannya. Sebelum kita share kembali, sebaiknya cek berita yang sama di internet untuk memastikan kebenaran sebuah informasi yang beredar.

  1. Cek kelengkapan informasi

Informasi yang tidak lengkap akan menimbulkan perdebatan dan memantik emosi bagi beberapa pihak. Sebab informasi yang beredar telah menjadi viral. Sebaiknya kita perlu menelusuri lagi kelengkapan sebuah berita agar terhindar dari hoax.

BACA JUGA Kampanyekan Lingkungan, 3 Perenang Asing Seberangi Laut Karimujawa – Jepara

  1. Perhatikan tanggal artikelnya

Sebelum membaca berita, kita harus memperhatikan tanggalnya apakah berita terbaru atau jangan-jangan berita lama. Terkadang ada sumber informasi lama dibagikan kepada khalayak oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab tanpa kita tahu motifnya. Sebaiknya kita perlu waspadai sebelum kita termakan oleh berita lama yang sudah terlanjur menyebar.

Alvaros