blank
Kapolres Wonosobo ketika menerima kunjungan tim AirNav Indonesia Yogyakarta. Foto: SB/dok

WONOSOBO (SUARABARU.ID)– Kapolres Wonosobo, AKBP Ganang Nugroho Widhi SIK MT, menerima kunjungan perwakilan Airnav Yogyakarta dan M Anis petugas otoritas Bandara wilayah III Surabaya, di ruang kerja Kapolres, Kamis (5/5/2022).

Kedatangan petugas Airnav Indonesia itu, untuk berkoordinasi terkait penerbangan balon udara di Kabupaten Wonosobo. Meski telah difasilitasi dengan kegiatan Festival Balon Udara, namun hingga saat ini masih ditemui sejumlah balon udara liar yang dilaporkan pilot, kepada pihak Airnav Yogyakarta.

Kapolres mengungkapkan, akan menindaklanjuti perihal laporan itu. Pihaknya menegaskan, akan menambah jumlah personel dan jangkauan wilayah patroli mobiling selama sepekan ke depan.

BACA JUGA: Kapolres Wonosobo Pantau Sejumlah Lokasi Objek Wisata

Meski begitu, pihak Airnav mengapresiasi langkah dan kinerja Polres Wonosobo dalam menanggulangi penerbangan balon udara.

Pasalnya, jika dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, tahun ini jumlah balon udara yang terbang liar tidak terlalu banyak.

”Kami mengucapkan terima kasih atas kerja sama dan partisipasi Polres Wonosobo dari tahun ke tahun, dalam menangani permasalahan balon udara ini,” ungkap Anis.

BACA JUGA: Tradisi Syawalan di Bulusan Kembali Digelar Secara Terbuka

Kapolres berharap kepada masyarakat Wonosobo, khususnya penggiat balon udara, untuk mematuhi peraturan yang berlaku, demi keselamatan bersama.

Pihaknya juga menghimbau kepada masyarakat, untuk menerbangkan balon udara sesuai aturan. Sehingga tidak membahayakan penerbangan pesawat terbang.

”Tradisi memang tidak boleh luntur, namun peraturan yang ada juga harus dipatuhi demi keselamatan bersama,” tukas AKBP Ganang.

Muharno Zarka-Riyan