blank

SLAWI (SUARABARU.ID) – Bagi para pemudik yang hendak ingin menukarkan uang pecahan, bisa didapatkan di delapan titik pada rest area dari tol Pejagan Brebes hingga Kabupaten Batang.

Delapan Bank berpartisipasi membuka layanan untuk penukaran uang pecahan yang berada di delapan titik di rest area tol.

“Secara umum kita sudah menambah jumlah modal untuk melayani masyarakat karena animonya kita melihat makin hari makin meningkat dan bertambah sehingga kita tambah modal dari biasanya,” kata Kepala Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia Tegal, Mohamad Taufik Amrozi di sela monitoring penukaran uang di rest area tol KM 275 Tegal, Kamis (28/4/2022).

Taufik mengungkapkan, Perbankan menambah jumlah modal uang di tempat penukaran uang di rest area tol KM 275. Biasanya satu unit mobil melayani 100 paket dengan uang pecahan kecil Rp 1.000-Rp 20.000 yang kalau dijumlahkan satu pak Rp 3.800.000. Untuk satu paketnya Rp 380 juta. Dan saat ini semua teman-teman Bank menambah sampai sekira diatas Rp 540 juta karena melayani animo masyarakat yang meningkat menjelang Idul Fitri.

Hari ini penukaran uang di delapan titik di res area tol sepanjang wilayah Kabupaten Brebes hingga Kabupaten Batang serentak. Tapi mulai hari libur besok Jumat (29/4/2022) ada beberapa Bank yang buka melayani penukaran.

Jumlah uang yang disiapkan selama Ramadan hingga Idul Fitri total sebanyak Rp 4 Triliun lebih untuk satu Karesidenan dari Kabupaten Brebes hingga Kabupaten Batang.

“Tahun ini untuk penukaran uang ada kenaikan 24 persen dibanding tahun lalu. Dengan dibukanya ini nanti realisasinya bisa lebih. Namun demikian kita tetap siap. Transaksi hari ini sudah diatas Rp 3 Triliun,” ungkap Taufik.

Penukaran uang sudah berjalan selama tiga minggu. Kegiatan tersebut merupakan satu rangkaian dengan pertama kali di Balai Kota Tegal bersama delapan Bank yang dilanjutkan di Jalan Ahmad Yani bersama Wali Kota Tegal Dedy Yon.

“Kemudian kita bagi jadwalnya sampai dengan tiga minggu secara bergantian bank dan terkahir hari ini serentak delapan Bank kembali buka di delapan titik dari rest area tol Brebes hingga Batang,” pungkas Taufik.

Nino Moebi