blank

 

MAGELANG (SUARABARU.ID) – Wali Kota Magelang Muchamad Nur Aziz menerima penghargaan sebagai pelopor ‘Layanan Jemput Sakit Antar Sehat (JSAS)’, pada ajang malam apresiasi Tribun Inspiring Award 2022 yang diadakan di Royal Ambarukmo Ball Room Kesultanan,Yogyakarta, Jumat (22/4) malam.

Azis yang juga berprofesi dokter spesialis penyakit dalam itu mengaku bersyukur, untuk kesekian kalinya program unggulannya JSAS diapresiasi secara luas.

‘’Program ini merupakan wujud komitmen Pemkot Magelang meningkatkan akses pelayanan kesehatan untuk  masyarakat,’’ ungkapnya kemarin.

Menurutnya, peningkatan kualitas pelayanan kesehatan dasar merupakan salah satu pilar pembangunan kesehatan. Selain meningkatkan akses pelayanan, yang tidak kalah penting adalah akses informasi.

‘’JSAS berupaya memberikan kemudahan bagi warga masyarakat dalam menjangkau layanan kesehatan, terutama bagi yang mempunyai kendala dalam hal mobilitas, kerentanan fisik maupun sosial,” terangnya.

Plt Kepala Dinas Kesehatan dr Istikomah menyatakan pihaknya terus berkomitmen mengembangkan program JSAS ini.

Setelah pandemi Covid-19, terobosan masih akan dilakukan. Yaitu dengan mengkondisikan sistem kesehatan di daerah yang lebih mapan dan siap dalam menghadapi berbagai kondisi dan ancaman KLB/wabah penyakit.

Baik itu dari sisi kualitas fasilitas pelayanan kesehatan, ketangguhan jejaring lintas sektoral, surveilance berbasis masyarakat dan membangun perilaku masyarakat menuju Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan Germas, serta lingkungan yang sehat serta kondusif.

‘’Pada hakekatnya kondisi endemi menuntut kesiapan daerah untuk mengatasi problem kesehatan secara mandiri,’’ tuturnya.

Harapan ke depan, lanjujtnya, akan lebih banyak inovasi yang dikembangakan dalam rangka memecahkan permasalahan di masyarakat, dan peningkatan kualitas pelayanan publik secara berkelanjutan didukung dengan budaya partisipasi dan pemberdayaan masyarakat dalam setiap program yang dijalankan.

 

 

Untuk diketahui, selain Wali Kota Magelang, Tribun Inspiring Award 2022 juga memberikan penghargaan kepada beberapa kepala daerah dan tokoh di Jawa Tengah dan DIY. Di antaranya Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X dan GKR Hemas.

 

Penulis : Prokompim/Pemkotmgl

Editor   : Doddy Ardjono