blank
Ilustrasi kue nastar. Foto: Pixabay

JAKARTA (SUARABARU.ID)- Nanas merupakan buah asal Amerika Selatan yang kaya akan nutrisi dan antioksidan yang dapat melawan peradangan. Buah sehat ini memiliki banyak manfaat dan kandungan nutrisi di dalamnya.

Dilansir dari Poskota.co.id, buah Nanas mengandung vitamin A, vitamin K, fosfor, kalsium dan seng yang dapat bekerja dalam memerangi banyak penyakit.

Sumber vitamin C yang kaya dan dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh, sementara kandungan mangan di dalamnya membantu meningkatkan metabolisme agar tubuh tetap sehat.

Baca Juga: Resep: Brown Sugar Boba Milk Tea

Nastar adalah kue kering yang sangat populer di Indonesia khususnya pada bulan Ramadan hingga lebaran (Idul Fitri).

Kata Nastar berasal dari kata Indonesia untuk nanas “nanas” dan “tart” dari Belanda, maka disebut menjadi “nastar”. Adapun resep kue nastar berikut ini:

Bahan-bahan:
Untuk Isian Nanas:
– 1 nanas sedang (sekitar 1360 gram)
– 150 gram gula pasir
– Satu batang kayu manis
– 4 siung cengkeh
– Air, sesuai kebutuhan

Baca Juga: Resep: Kue Sus Vla Vanila

Untuk Adonan:
– 400 gram tepung serba guna
– 90 gram tepung maizena
– 300 gram mentega
– 153 gram susu kental manis
– 3 kuning telur
– 1 sendok teh madu
– 1 sendok teh air hangat

Cara Pembuatan :

Buat isian nanas:
1. Dalam blender, proses nanas sampai membentuk pure kasar, pastikan tidak ada potongan besar yang tersisa.
2. Masak dalam wajan atau panci besar dengan api sedang, gabungkan nanas, gula, kayu manis dan cengkeh dan didihkan. Turunkan api menjadi rendah, sehingga campurannya mendidih dan bertekstur lembut, aduk sesekali, sampai berubah menjadi cokelat gelap dan tebal, 1 hingga 1 setengah jam.
3. Campuran harus cukup kental untuk digulung menjadi bola. Aduk lebih sering mencegah bagian bawah gosong atau terbakar, mengurangi panas jika perlu. Jika campuran mulai terlalu matang, tambahkan air.
4. Angkat dari api, biarkan dingin selama sekitar 15 menit, buang cengkeh dan batang kayu manis, dan pindahkan ke wadah tertutup. Dinginkan setidaknya selama 8 jam.

Baca Juga: Resep: Bola Kurma dengan Nutella

Buat adonan:
1. Ayak tepung dan tepung maizena.
2. Campurkan adonan dalam mangkuk besar, aduk bersama mentega dan susu kental sampai tercampur. Tambahkan 2 kuning telur dan aduk sampai tercampur rata.
3. Tambahkan campuran tepung, campurkan dengan menggunakan spatula. Ketika sekitar dua pertiga dari tepung telah ditambahkan, kemudian uleni adonan dengan menggunakan tangan, terus tambahkan tepung sampai menjadi halus, lembut saat disentuh dan lentur. Bentuklah adonan menjadi seperti bola, letakkan dalam loyang dan tutupi dengan bungkus plastik lalu diamkan setidaknya selama 30 menit.

Proses pemanggangan:
1. Panaskan oven hingga 350 derajat. Lapisi loyang kue dengan kertas kue.
2. Siapkan mangkuk kecil, kocok kuning telur dan madu.
3. Bagi adonan menjadi empat bagian yang sama; setiap bagian harus memiliki berat sekitar 240 gram. Bagilah setiap bagian menjadi 12 bagian, masing-masing sekitar 20 gram, dan gulung menjadi bola. Lakukan hal yang sama untuk isian nanas dengan setiap bola dengan berat sekitar 8 gram ini membantu untuk mengambilnya menggunakan ukuran 1 sendok teh.

Baca Juga: Resep : Biji Salak Padan ala Nindy

4. Tempatkan adonan di satu tangan dan ratakan dengan tepi telapak tangan Anda yang lain untuk membentuk lingkaran berdiameter sekitar 2 inci. Tempatkan nanas untuk mengisi di tengah adonan, dan lipat tepi adonan di atas dan di sekitar isian, lalu gulung menjadi bola. Atur nastar dengan jarak satu inci di salah satu loyang yang sudah disiapkan. Ulangi dengan adonan dan isian yang tersisa.
5. Olesi bagian atas adonan nastar dengan telur. Lalu panggang selama 18 hingga 20 menit, atau sampai berwarna coklat keemasan.
6. Setelah dipanggang, pindahkan nastar dan biarkan dingin sepenuhnya. Kemudian Sajikan dalam toples.

Claudia