blank
Hadi Priyanto saat memaparkan materi pelatihan jurnalistik.

JEPARA ( SUARABARU.ID ) – Bertempat di Cafe Sumanding Hills, Desa Sumanding, Kecamatan Kembang, Jepara Sabtu (9/4-2022) telah diselenggarakan Pelatihan Jurnalistik bagi 30 mentor dan anak binaan.

blank
Moderator pelatihan, Susanto.

Kegiatan yang diselenggarakan Pusat Pengembangan Anak IO – 0926 Eben Haizer GITJ Kedung Mulyo ini mengambil tema Menulis Artikel yang Kreatif dan Inovatif. Materi pelatihan diberikan oleh Hadi Priyanto, penulis dan sekaligus wartawan senior di Jepara. Hadi saat ini juga wartawan media online Suarabaru.id.

Koordinator PPA Eben Haizer, Budi Utomo saat membuka acara ini mengungkapkan, pelatihan jurnalistik ini diharapkan dapat menumbuhkan kegairahan menulis dikalangan generasi muda.

blank
Para peserta pelatihan jurnalistik

“Harapan kami peserta akan menjadi influencer atau penyemangat literasi di kalangan pelajar di Jepara,” ujar Budi Utomo. Sebab kegiatan pelatihan ini adalah untuk memberikan bekal bagi para pengelola Tabloid Cahaya yg diterbitkan oleh PPA Eben Haizer, tambah Budi Utomo.

BACA JUGA Gerakan Sigisi 100 Paket, MRI Jepara Semarakkan Ramadan

Dalam pemaparan materi pelatihan yang dipandu oleh Susanto ini Hadi Priyanto mengungkapkan pintiingnya niat dan keberanian bagi penulis pemula. “Miliki tekad untuk berarti bagi sesama melalui tulisan Anda. Sebab tulisan yang baik akan dapat menjadi inspirasi pembaca,” ujar Hadi.

Hadi juga mengungkapkan pentingnya penulis untuk belajar membaca persoalan yang ada di tengah masyarakat dan dengan kritis serta kreatif menawarkan solusinya.

Karena itu menurut Hadi, kebiasaan membaca harus menjadi budaya baru. “Ini tidak mudah, sebab bangsa Indonesia memiliki minat baca yang sangat rendah,” papar Hadi Priyanto yang telah menghasilkan karya 15 buku.

Hadi juga memaparkan 15 tips praktis menulis artikel diantarnya jenis artikel, pentingnya tema tulisan, memilih topik yang menarik, serta sudut pandang agar dapat menguraikan persoalan secara mendalam.

Langkah lain yang perlu dilakukan adalah membuat kerangka tulisan, pemilihan judul dan paragraf pembuka yang mampu menarik minat pembaca.

BACA JUGA Salah Kaprah Memahami Arti Healing

Hubungan antar alinea, fokus pada persoalan dan solusi spesifik juga perlu diperhatikan oleh penulis. “Juga minta saran teman dan mencari tulisan pembanding,” ujar Hadi

Ia juga memberikan tips saat seorang penulis menghadapi kejenuhan dan mengatur waktu dan ritme penulisan.

Alvaros