blank
Petugas gabungan menyingkirkan pohon runtuh akibat puting beliung, hari ini. Foto: eko

KOTA MUNGKID(SUARABARU.ID)- Hujan dengan intensitas tinggi disertai angin puting beliung sempat merusakkan beberapa rumah warga dan menumbangkan pohon, Senin 28 Maret 2022. Itu terjadi di wilayah Kecamatan Mertoyudan, Kabupaten Magelang.

Menyikapi bencana angin puting beliung tersebut, personel dari Koramil, Polsek Mertoyudan dan BPBD membantu mengevakuasi barang yang masih bisa digunakan, memperbaiki rumah warga dan menyingkirkan reruntuhan yang diakibatkan oleh angin puting beliung. Gotong royong dilakukan hari ini, Selasa (29/3)

Danramil Kapten Arm Mashudi Pitoyo menuturkan, personel TNI-Polri dan BPBD bersama perangkat desa Mertoyudan dan masyarakat bergotong royong menurunkan atap genteng dan asbes yang berhamburan. Agar tidak menimbulkan bahaya lain dan bangunan yang tertimpa atap dapat segera diperbaiki.

“Kami bersama instansi terkait membantu masyarakat bergotong royong menurunkan atap genteng dan asbes yang terangkat terbawa angin puting beliung dan menimpa rumah warga,” tuturnya.

Kegiatan itu sebagai wujud kepedulian Polri TNI dan pemerintah setempat dalam meringankan beban warga masyarakat yang terdampak bencana alam angin puting beliung.

“Kerja sama ini merupakan kepedulian anggota Koramil dan rasa empati yang tinggi kepada warga yang sedang terkena bencana alam puting beliung. Kami mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang telah ikut bergotong royong bersama TNI membantu perbaikan rumah yang terkena angin puting beliung,” tambah Mashudi Pitoyo.

Kades Mertoyudan Eko Sungkono ikut terlibat kegiatan itu. Sebelum kerja bakti dilakukan apel bersama. Dia mengimbau kepada masyarakat agar lebih meningkatkan kewaspadaan terhadap bencana alam yang datangnya tidak terduga. Mengingat sekarang ini cuaca yang tidak menentu.

Eko Priyono