blank
Penyerahan bantuan untuk korban Semeru ditandai dengan bentangan MMT bertuliskan 'Bantuan Asatidz Badko LPQ Kota Semarang untuk Korban Terdampak Erupsi Gunung Semeru' Rp 25 juta. Foto: Dok/ist

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Para guru (asatidz), alat kelengkapan organisasi dan anggota maupun pengurus di enam belas kecamatan di Kota Semarang yang tergabung dalam Badan Koordinasi Lembaga Pendidikan Al-qur’an (Badko LPQ) Kota Semarang berhasil mengumpulkan donasi sebesar Rp 25 juta.

Dana tersebut selanjutnya dikirim untuk membantu korban bencana erupsi Gunung Semeru di Lumajang-Jawa Timur.

Demikian disampaikan, Ketua Badko LPQ Kota Semarang, Dr. Bahrul Fawaid melalui Sekretarisnya, Nurul Yaqin, usai pengiriman bantuan khusus kepada LPQ di Lumajang, Selasa (8/3/2022).

Penyerahan bantuan itu ditandai dengan bentangan MMT bertuliskan ‘Bantuan Asatidz Badko LPQ Kota Semarang untuk Korban Terdampak Erupsi Gunung Semeru’ Rp 25 juta, dilengkapi gambar Walikota Semarang, Hendrar Prihadi yang berkedudukan sebagai Dewan Pengawas Badko LPQ Kota Semarang.

“Keluarga besar Badko LPQ Kota Semarang, baik asatid, anggota, pengurus maupun alat kelengkapan organisasi menyampaikan bantuan donasi kepada korban erupsi Semeru, yang berhasil terkumpul Rp 25 juta. Selanjutnya bantuan ini diberikan khusus untuk LPQ terdampak di Lumajang,” jelasnya.

Nurul mengatakan, donasi tersebut disumbangkan melalui LPQ di Lumajang. Menurutnya, langkah itu agar efektif dan lebih tepat sasaran, sehingga langsung dikirim ke LPQ Lumajang. Pihaknya berharap bantuan tersebut dapat meringankan beban masyarakat korban bencana.

“Ini bentuk partisipasi dan kepedulian kami dari hati yang tulus ikhlas. Mudah-mudahan bermanfaat bagi warga korban bencana di Lumajang,” ungkapnya.

Badko LPQ Kota Semarang juga sempat melaksanakan doa bersama sebagai rasa ikut belasungkawa terhadap peristiwa erupsi Gunung Semeru, dan sejumlah musibah bencana di beberapa daerah lain di Indonesia.

“Kami atas nama keluarga besar Badko LPQ Kota Semarang turut berbelasungkawa untuk bencana di Lumajang, semoga masyarakatnya diberi ketabahan,” ucapnya.

Pihaknya juga berharap untuk keselamatan dan keamanan  Kota Semarang serta daerah lainnya agar terhindar dari bencana dan malapetaka.

Sebelumnya, Bupati Lumajang Thoriqul Haq juga membicarakan soal bantuan untuk korban erupsi Gunung Semeru.

Menurut Thoriqul, untuk saat ini, bantuan yang dibutuhkan berupa uang. Karena, bantuan dalam bentuk logistik terbilang sudah cukup. Bahkan bisa mencukupi kebutuhan pengungsi hingga 1,5 bulan ke depan.

“Kami berharap jika ada masyarakat yang ingin membantu, bisa disalurkan dalam bentuk uang di rekening yang sudah kami sampaikan,” kata Thoriqul dalam video yang diunggah akun Instagram @lumajang_tv, pada Senin (13/12/2021).

Ning