blank
Para peserta workshop penyusunan RPS berbasis MBKM

JEPARA (SUARABARU.ID) – Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) merupakan kebijakan yang membawa perubahan positif bagi masa depan mahasiswa. Oleh sebab itu Unisnu Jepara berusaha meingimplementasikan dalam pembelajaran.

Hal ini pula yang dilakukan oleh Fakultas Dakwah dan Komunikasi (Fadakom) untuk memfasilitasi pengembangan mahasiswa dengan Rancangan Pembelajaran Semester (RPS). Kegiatan Workshop Penyusunan RPS Berbasis MBKM diselenggarakan pada hari ini Selasa (22/2-2022) di Pondok Indah Bondo Bangsri Kabupaten Jepara.

Dekan Fadakom Abdul Wahab Saleem, S.Sos.I, M.S.I. menyampaikan pentingnya penyusunan RPS untuk menunjang program MBKM bagi mahasiswa. “Dokumen perencanaan pembelajaran penting disusun oleh dosen pengampu di Fadakom sebagai panduan bagi mahasiswa untuk melaksanakan perkuliahan selama satu semester untuk mencapai sasaran yang ditetapkan,” ujarnya.

Sementara  Kepala Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Inovasi (LPPI) Drs. Zainul Arifin MA, M.Hum. menyampaikan bahwa Unisnu sudah melaksanakan kurikulum MBKM sejak 2021. “RPS yang disusun oleh dosen pengampu di Unisnu sudah seharusnya menyesuaikan kurikulum MBKM,” ujarnya sekaligus membuka acara.

Hadir dalam acara ini yaitu Kaprodi Komunikasi Penyiaran Islam Khoirul Muslimin, MIKom., dosen pengampu di Fadakom, dan Ketua LPPM Unisnu yang diwakili oleh M Sholahuddin, S.E.

Narasumber kegiatan ini yaitu Kepala Pusat Pengembangan Sistem Pendidikan dan Inovasi Unisnu Jepara Khalimatus Sa’diyah, M.Pd.I  memaparkan cara pengisian RPS. “Penyusunan RPS harus disesuaikan dengan Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) terkait ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik,” ujarnya. Capaian ini disesuaikan dengan mata kuliah yang ada di prodi, tambahnya.

Pada kesempatan tersebut, Ketua LPPM Unisnu diwakili oleh Sholahuddin, S.E. menyampaikan skema penelitian pengabdian masyarakat. “Ada 5 skema penelitian dan 2 skema pengabdian masyarakat yang bisa diikuti oleh dosen Unisnu. Berdasarkan skema-skema tersebut, dosen Unisnu bisa menyiapkan proposal untuk diajukan. Pengajuan skema ini disesuaikan dengan keilmuan dosen Unisnu baik berdasarkan pengalaman mengajar atau konsep keilmuan yang bisa diaplikasikan dalam pembelajaran,” ujarnya.

Alvaros