blank
Pemain Taiwan Lai Li-chin (kedua dari kanan) merayakan gol bersama rekan-rekan satu timnya dalam pertandingan fase grup Piala Asia Putri 2022 antara Iran dan Taiwan di Mumbai pada 26 Januari 2022.

JAKARTA (SUARABARU.ID) – Taiwan mengikuti jejak China lolos ke perempat final Piala Asia Putri setelah menggasak debutan Iran 5-0 di Navi Mumbai, India, yang membawa juara tiga kali turnamen ini masuk delapan besar.

Lai Li-chin mencetak hattrick, sedangkan Chen Yen-ping dan Wang Hsiang-huei menciptakan dua gol lainnya untuk tim Kazuo Echigo. Ini juga menjadi kemenangan pertama Taiwan dalam Grup A.

Taiwan memainkan pertandingan kedua mereka dalam turnamen setelah pertandingan melawan India pada Minggu India dibatalkan karena wabah COVID-19 dalam skuad India yang mengakibatkan tuan rumah terpaksa mundur dari kompetisi ini.

Lai membuka skor pada menit keempat dengan melepaskan tembakan mendatar melewati Zohreh Koudaei. Dia menggandakan keunggulan pada menit ke-27.

Chen membawa Taiwan unggul tiga gol ketika dia memasukkan bola dari jarak dekat menyusul upaya Koudaei yang membuat bola jatuh pada kakinya lima menit sebelum jeda.

Lai menyelesaikan hattricknya dari titik penalti 20 menit memasuki babak kedua dan Wang menyempurnakan kemenangan Taiwan sekitar 12 menit sebelum laga usai sehingga Taiwan finis urutan kedua Grup A.

China yang semula dijadwalkan menghadapi India hari ini sudah memastikan lolos ke perempat final sebagai juara Grup A menyusul kemenangan atas Taiwan dan Iran dalam dua pertandingan pembukanya, demikian Reuters.

Ant/Muha