blank
Petugas PLN melakukan perawatan jaringan di kawasan Borobudur, kemarin. Foto: ist

KOTA MUNGKID(SUARABARU.ID)-Tim Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB) PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Magelang melakukan pemeliharaan jaringan di Kawasan Wisata Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, kemarin. Layanan itu guna pekerjaan melayani Unit Layanan Pelanggan (ULP) Borobudur Upgrading Travo 1 Phasa menjadi 3 Phasa. Pemeliharaan tersebut dilakukan tanpa memadamkan jaringan listrik.

“Kami kerahkan Tim PDKB untuk melakukan pekerjaan tersebut karena apabila jaringan listriknya dipadamkan akan banyak pelanggan yang terdampak,” ujar Manager PLN UP3 Magelang, Yunarsih, hari ini.

Yunarsih selebihnya menjelaskan bahwa Tim PDKB merupakan tim elite PLN yang melakukan pemeliharaan preventif dan perbaikan jaringan listrik tanpa pemadaman. Tim tersebut memiliki sembilan personel yang terdiri dari Supervisor, Preparator, Pengawas Pekerjaan, Pengawas K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja), empat Lineman dan seorang sopir truk peralatan PDKB.

Disebutkan, PLN UP3 Magelang akan melakukan PDKB ketika berada di jalur penyulang yang terdapat pelanggan-pelanggan penting, seperti instansi pemerintah, sekolah, layanan masyarakat, rumah sakit, pelanggan premium dan pelanggan daya besar.

“Jadi untuk PDKB tidak bisa asal dilakukan oleh petugas lain, karena ini sangat berisiko tinggi dan harus dilakukan oleh tim yang sudah terlatih atau professional,” tutur Yunarsih.

Eko Priyono