blank

BLORA (SUARABARU.ID)- Bank Jateng Cabang Blora bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Blora menyelenggarakan sosialisasi Taspen dan penyerahan pensiunan PNS TMT 1 Maret dan 1 April 2022 di lingkungan Pemkab setempat.

Acara berlangsung di pendopo tumah dinas Bupati Blora. Kepala BKD Blora Heru Eko Wiyono, dalam laporannya menyampaikan bahwa hari ini ada 82 orang yang menerima Surat Keputusan pensiun yang meliputi bulan Maret 2022 sebanyak 37 orang dan 45 orang untuk bulan April 2022. Surat Keputusan tersebut diserahkan secara simbolis oleh Bupati Blora H. Arief Rohman, Rabu (19/1/2022).

Bupati Blora juga menyerahkan piagam penghargaan kepada para ASN atas pengabdian dan dedikasi kepada pemerintah daerah yang telah dilakukan para ASN yang saat ini akan memasuki purna tugas.

Baca Juga: Polres Blora Targetkan 800 Vaksin Booster untuk Anggota Polisi

Bupati Blora mengajak kepada para peserta untuk mengucapkan puji syukur nikmat yang telah diberikanNya sehingga sampai memasuki purna tugas masih dalam keadaan sehat walafiat.

Mas Arief, sapaan Bupati Blora, mendorong agar tetap bisa melakukan pengabdian yang lainya di masyarakat. “Silahkan berkarya nyata kalau masih punya semangat untuk nyalon jadi perangkat desa atau jadi anggota dewan,” ucapnya.

Ia meminta kepada pihak PT Taspen dan Bank Jateng agar bersenergi memberi pendampingan dan melakukan berbagai pelatihan yang dapat memberi konstribusi positif bagi para purna tugas.

Baca Juga: Edarkan 35 Jerigen Miras, 2 Warga Rembang Dibekuk  di Blora

Ucapan terimakasih juga disampaikan oleh Bupati Blora atas segala perjuangan dan pengabdian selama ini.

Mas Arief juga mohon maaf belum bisa memberi bantuan atau tali asih kepada ASN yang akan memasuki pensiun.

“Selamat menikmati purna tugas yang saat ini sudah lulus dalam pengabdian dan karyanyata di Pemerintah Daerah bersama keluarga untuk momong cucu,” tuturnya.

Baca Juga: Pasar UMKM Tangguh Cepu Wujud Kebangkitan Ekonomi Masyarakat Blora, Layani Penjualan Secara Digital,

Pihaknya mendoakan semoga amal soleh menjadi bentuk ibadah yang mendapat pahala dari Allah serta diberi kesehatan dan kebahagiaan.

Dalam kesempatsn itu Indra Kusuma dan Faisal dari PT Taspen menjelaskan tentang prosedur untuk memperoleh hak-hak dari para purna tugas dan berbagai persyararatan yang harus dipenuhi.

Dikatakannya, yang perlu mendapat perhatian dan harus diwaspadai, sekarang banyak oknum yang mengatas namakan PT Taspen untuk melakukan penipuan atau tindakan yang tidak terpuji kepada para purnah tugas dengan dalil ingin mambantu dan menguruskan sesuatu untuk kepentingan para pensiunan.

Baca Juga: Harapan Bupati Blora Pembangunan Bendung Gerak Karangnongko Segera Disepakati

Pada kesempatan yang sama, Wakil Kepala Bank Jateng  Cabang Blora, Suparyanto, mengingatkan kepada seluruh PNS yang akan memasuki purna tugas bahwa selama hampir 20 tahun lebih Bank Jateng Cabang Blora telah memberi pelayanan dengan baik.

“Untuk itu tolong bila ada sesuatu persoalan dapat dikomunikasikan langsung dengan petugas.Sekali lagi mohon setelah nanti purna tugas agar tetap bergabung dengan pihak Bank Jateng Cabang Blora,” tuturnya.

Semua persoalan, kata dia, bisa dirembug dan diselesaikan melaluhi komunikasi dengan hati.

“Dan Bank Jateng Cabang Blora akan terus memberikan peningkat pelayanan kepada para pelanggan,” ujarnya.

Baca Juga: 750 Tabung Oksigen Bantuan Diaspora Blora Didistribusikan ke Seluruh Faskes

Sementara itu, mantan Sekda Blora Bambang Sulistya, yang telah pensiun sejak tahun 2012 yang telah mendapat pelayan yang baik dari Bank Jateng Cabang Blora diminta untuk memberikan testimoni dan motivasi kepada 82 orang yang menerima SK Pensiun.

“Saya mengawali sebuah ungkapan bahwa pensiun bukan akhir dari sebuah kehidupan namun merupakan awal dari kehidupan baru yang memiliki kebebasan, peluang dan harapan hidup yang lebih mulia,” tuturnya.

Masa purna tugas adalah fase bebas berkecukupan, bahagia, aktif dan sehat. Karena setiap orang yang pensiuan pasti akan kehilangan lima hal , yaitu kekuasaan, pendapatan berkurang, pekerjaan, fasilitas dan citra.

Baca Juga: Menuju Blora Zeri Knalpot Brong, Satlantas Blora Kejar Sosialisasi ke Sekolah dan Pedesaan

Meski demikian masih mendapat modal berupa dana pensiunan, aset,  kebebasan waktu,  jaringan dan diri kita sebagai pribadi yang berkarakter dan berpengalaman.

Untuk mensikapi itu semua sangat diharapkan untuk bisa memanfaat modal yang kita peroleh tersebut dengan Semangat BPD. Yaitu jadilah para pensiunan yang pandai bersyukur, selalu positif thinking terhadap keadaan apapun dan kepada siapapun.

Diniati dalam setiap melangkah dan berkiprah dapat mengamalkan setiap detik berbuat baik dan setiap langkah untuk beribadah.

Baca Juga: Blora Belajar pada Kabupaten Sumedang untuk Bangun Digital Leadership 

“Sementara sejak saya pensiun memelih Bank Jateng sebagai tempat pengambilan dana pensiunan karena sejak saya aktif bekerja selama masa dinas telah banyak mendapat perhatian, kemudaan, bantuan dan pelayanan prima dari Bank Jateng cabang Blora, akan menjadi aneh kalau ketika pensiun saya pindah ke lain hati (bank lain),” tuturnya.

Berbagai keunggulan yang ditawarkan kepada para pensiunan meliputi pengurusan Taspen dibantu Bank Jateng, Kantor Pelayanan sampai di tingkat kecamatan, kredit pensiunan disediakan dengan bunga rendah.

Bagi para pensiunanan dapat memanfaatkan dana KUR, pelayanannya prima dan pengambilan dana pensiunan bisa menggunakan ATM Khusus atau smart card.

Para ASN yang telah mendapat SK pensiunan tetap bersemangat, berkarya nyata, meningkat ibadahnya dan tetap bermanfaat bagi masyarakat yang saat ini sedang menderita.

Claudia