blank
Kegiatan dilakukan secara door to door oleh BIN Daerah Jawa Tengah. Foto: ISt

GROBOGAN (SUARABARU.ID) – Warga Grobogan mengucapkan terima kasih kepada Presdien Joko Widodo dan BIN Daetrah Jateng, yang sudah memberikan kesempatan kepada mereka untuk mengikuti vaksinasi.

“Semoga dengan vaksinasi ini, kita semua dapat beraktivitas normal, terhindar dari bahaya Covid-19,” ungkap Yatmin, yang menjalani vaksinasi di Desa Nampu, Karangrayung, Grobogan, Senin (24/1/2022).

Vaksinasi massal DI Karangrayung ini dilaksanakan Badan Intelijen Negara (BIN) Daerah Jawa Tengah bekerja sama dengan Pemerintah Desa Nampu dan Dinas Pendidikan. Sasaran dalam vaksinasi massal ini adalah masyarakat serta para pelajar usia 6–11 tahun, Senin 24 Januari 2022.

“Target dalam vaksinasi ini adalah 1.300 orang yang ternyata mendapatkan antusiasme positif dari masyarakat setempat,” kata Ketua Binda Jawa Tengah, Brigjen TNI Sondi Siswanto.

Pelaksanaan vaksinasi massal ini dipusatkan di Balai Desa Nampu, Kecamatan Karangrayung. Selain melaksanakan vaksinasi yang dilaksanakan di balai desa tersebut, petugas juga melakukan secara ðoor to dorr dan membagikan sembako kepada peserta vaksinasi.

Brigjen TNI Sondi Siswanto mengatakan, pihaknya juga melakukan vaksinasi booster di 10 wilayah Kabupaten atau Kota di Jawa Tengah.

Kesepuluh wilayah ini meliputi, Kabupaten Magelang, Kabumen, Brebes, Tegal, Purbalingga, Banyumas, Pati, Grobogan, Boyolali dan Kota Semarang. Menurutnya, target peserta vaksin dalam kesempatan ini sebanyak 13.000 dosis.

“Konsep door to door ini, sangat membantu warga terutama yang memiliki keterbatasan menuju ke sentra-sentra vaksin, sehingga mereka dapat tervaksin,” jelas Sondi Siswanto.

Sondi Siswanto menjelaskan, vaksinasi yang dipergunakan adalah jenis Sinovac untuk para pelajar usia 6 – 11 tahun.

“Sedangkan untuk vaksinasi door to door dan vaksinasi booster menggunakan vaksin yang tersedia di Dinas Kesehatan. Khusus untuk vaksin booster, BIN Daerah Jawa Tengah akan melaksanakan launching di Kabupaten Purbalingga,” kata dia.

“Kegiatan ini bertujuan untuk mendukung kebijakan pemerintah dalam menciptakan kekebalan kelompok atau herd immunity sehingga masyarakat tahan terhadap virus covid 19 yang terus bermutasi,” tambah Sondi.

Selain melaksanakan vaksinasi massal, BIN Daerah Jawa Tengah juga tetap memberikan edukasi tentang pentingnya protokol Kesehatan.

Tya Wiedya