blank
Foto: dok/ist

JAKARTA (SUARABARU.ID)– Direktur Utama Telkomsel, Hendri Mulya Syam mengatakan, tahun ini Telkomsel akan melakukan percepatan upgrade layanan jaringan 3G ke 4G/LTE, sebagai kelanjutan komitmennya selaku leading digital telecommunication company.

Ini dilakukan, untuk terus membuka peluang lebih luas bagi seluruh lapisan masyarakat dalam menikmati akses jaringan berteknologi terdepan, yang merata dan setara, guna mendukung beragam aktivitas digital yang lebih seamless dan nyaman.

”Kami harap, langkah ini mampu mengoptimalkan lebih banyak potensi di berbagai wilayah, melalui transformasi digital lintas sektor yang lebih terakselerasi. Sehingga dapat memperkuat ekonomi digital Nasional ke depan,” kata Hendri dalam keterangannya di Jakarta, baru-baru ini.

BACA JUGA: Leap Jadi ‘Core Engine’ Menuju Kedaulatan Digital Indonesia

Menurut dia, upgrade seluruh layanan 3G ke 4G/LTE ini, juga menjadi bentuk dukungan terhadap upaya pemerintah dalam menghadirkan konektivitas digital dengan kualitas prima, yang merata hingga ke pelosok negeri.

Telkomsel juga memastikan, proses upgrade layanan 3G ke 4G/LTE ini telah melalui tahap pengkajian, perencanaan serta persiapan yang matang. Hal itu mencakup kesiapan infrastruktur dan teknologi, jaminan kenyamanan pelanggan selama proses upgrade berlangsung, hingga kesesuaian dengan perundangan di sektor telekomunikasi dan perlindungan konsumen, yang berlaku di Indonesia.

Untuk itu, Telkomsel secara berkala telah berkomunikasi dan berkoordinasi dengan seluruh pemangku kepentingan terkait. Mulai dari Kemkominfo RI, hingga lembaga/institusi konsumen seperti Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN), hingga Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI).

BACA JUGA: Alan Budi dari Wonogiri King Club Raih Gelar Juara I Lomba Safety Riding

Direktur Network Telkomsel, Nugroho menambahkan, pihaknya telah mempersiapkan seluruh action plan, mulai dari persiapan teknis, sosialisasi kepada pelanggan, hingga tahapan mitigasi dengan optimal, guna memastikan proses upgrade layanan 3G ke 4G/LTE secara bertahap dan terukur, di seluruh wilayah di Indonesia dapat berjalan baik. Termasuk prioritas meminimalisasi potensi gangguan.

Standar Quality of Service (QoS) juga terus diupayakan terjaga, guna memenuhi standar aturan yang berlaku, agar kenyamanan pelanggan tetap terjaga.

”Berbagai persiapan itu telah dilakukan sebagai bentuk komitmen Telkomsel sebagai connectivity enabler, yang akan terus berupaya mengimplementasikan penerapan teknologi jaringan broadband terdepan di setiap fase kehidupan secara berkelanjutan, sesuai dengan roadmap transformasi perusahaan,” imbuh Nugroho.

BACA JUGA: 5.692 Ketua RT dan RW di Jepara Tiap Bulan Terima Bantuan Operasional

Dijelaskan dia, dengan menggunakan layanan 4G/LTE, untuk pelanggan ritel (B2C) dapat menikmati pengalaman aktivitas digital yang lebih baik, dibandingkan dengan layanan 3G. Seperti streaming video dan music digital, video conference, bermain game online, hingga layanan VoLTE, yang akan memberikan pengalaman yang berbeda ketika menikmati layanan voice dan broadband secara bersamaan.

Untuk itu, proses upgrading layanan 3G ke 4G/LTE secara bertahap dan terukur ini, juga akan diprioritaskan percepatannya di wilayah yang sudah memiliki pemanfaatan layanan 4G/LTE yang merata dan matang.

Seiring dengan dilakukannya upgrade layanan itu, Telkomsel mengajak para pelanggan yang saat ini masih menggunakan layanan 3G, untuk segera beralih ke layanan 4G/LTE. Untuk itu, Telkomsel siap membantu kemudahan pelanggan untuk percepatan migrasi layanan.

BACA JUGA: Tak Ada Lagi yang Terserak

Telkomsel memberikan ragam pilihan saluran bagi pelanggan dalam melakukan upgrade kartu SIM non 4G ke uSIM 4G, baik secara online maupun offline, yang dapat dilakukan dengan cepat dan mudah.

Pada channel online, pelanggan dapat mengakses akun resmi Telkomsel di Facebook dan Twitter serta layanan Virtual Assistant Telkomsel, untuk mendapatkan pelayanan upgrade ke uSIM 4G. Atau melalui layanan mitra e-commerce (Shopee, Bukalapak, Tokopedia, dan JD.ID).

Pelanggan juga dapat langsung mengunjungi GraPARI atau layanan MyGraPARI terdekat, untuk melakukan upgrade ke uSIM 4G secara offline.

BACA JUGA: Antisipasi Omicron, Ratusan Personil Polda Jateng Jalani Tes Swab

Bagi pelanggan yang ingin melakukan migrasi ke uSIM 4G, bisa terlebih dahulu melakukan pengecekan terhadap ketersediaan jaringan 4G di wilayahnya, dan dukungan 4G pada perangkat yang digunakan.

”Kami berharap adanya dukungan seluruh pihak dan pemangku kepentingan terkait, dalam membantu proses upgrade layanan 3G ke 4G/LTE ini. Kolaborasi dengan pemerintah, para mitra pendukung seperti mitra infrastruktur, mitra teknologi hingga mitra penyedia device juga akan semakin membantu percepatan adopsi dan adaptasi layanan 4G/LTE secara lebih inklusif dan merata,” tukas Hendri

Riyan