blank
Wabup Ali Makhsun menyempatkan diri menyalakan obor Pesonas 2022, dilanjutkan pengukuhan pengurus Soina Kabupaten Demak. Foto: rudy

DEMAK (SUARABARU.ID)– Obor Pekan Special Olympic Nasional 2022 (Pesonas), singgah di Kabupaten Demak, Minggu (23/1/2022), usai melakukan perjalanan dari Kabupaten Kudus. Obor akan singgah selama empat hari di Demak, dan akan melanjutkan perjalanan ke Kabupaten Sragen, Rabu (26/1/2022).

Obor penanda dilaksanakannya Pesonas itu, diambil dari Api Abadi Mrapen, di Kabupaten Grobogan, dan diarak mengelilingi 42 kota/kabupaten se-Jawa. Sedangkan Pesonas sendiri akan digelar di Kota Solo, Juli mendatang.

Setelah penerimaan obor oleh Wakil Bupati Demak Ali Maksun, dilanjutkan pelantikan pengurus Soina (Special Olympics Indonesia) Demak, oleh Pengurus Provinsi Jawa Tengah, Adi Nugroho.

BACA JUGA: Tim Pengabdian UPGRIS Berikan Pelatihan Penulisan Surat bagi Tim Penggerak PKK

Muhammad Ridhodin sebagai Ketua Soina Kabupaten Demak beserta pengurus lainnya, dikukuhkan dengan ditandai penyerahan surat keputusan dan penyematan pin. Acara pengukuhan dilakukan di Pendapa Kabupaten Demak, Minggu (23/1/2022).

Dalam sambutannya usai pengukuhan, Wabup Ali Makhsun mengharapkan, para atlet berkebutuhan khusus ini, juga bisa mengharumkan nama bangsa di kancah internasional.

”Para atlet penyandang disabilitas ini kita berikan ruang untuk berkreasi, dan menorehkan prestasi di bidang olahraga. Kami berharap mereka mampu membawa nama harum bangsa di ajang internasional,” harap Wabup.

BACA JUGA: Edarkan 35 Jerigen Miras, 2 Warga Rembang Dibekuk  di Blora

Sementara itu, Muhammad Ridhodin menyampaikan, selama singgah di Kabupaten Demak, akan digelar berbagsi kegiatan yang berlokasi di halaman Pendapa kabupaten.

”Selama obor Pesonas ini singgah di Demak, anak-anak bertalenta khusus akan kita ajak untuk mengaktualisasikan diri melalui berbagai lomba, seni dan kreasi menarik lainnya. Semua kegiatan kami tempatkan di Pendapa Kabupaten Demak dan halaman Setda, sebelum akhirnya kita lepas untuk melanjutkan perjalanan keliling pada hari Rabu,” jelas dia.

Gelaran Pesonas 2022 ini, ditambahkannya, diharapkan dapat mencetak atlet bertalenta khusus, yang akan mewakili Indonesia pada even Spesial Olympic World Summer Game, di Berlin, Jerman pada 2023 mendatang.

Rudy-Riyan