blank
Kasatlantas Polres Kudus AKP Pandu saat menggergaji knalpot brong yang berhasil disita. Foto:Suarabaru.id

KUDUS (SUARABARU.ID) – Jajaran Polres Kudus menggelar pemusnahan ratusan knalpot brong hasil razia selama beberapa hari. Total sebanyak 160 knalpot brong dimusnahkan dengan cara digergaji.

Acara pemusnahan yang digelar di Mapolsek Kota, Jumat (21/1) pagi, dipimpin langsung oleh Kasatlantas Polres Kudus AKP Galuh Pandu Pandega. Dua mesin gergaji disiapkan untuk memotong knalpot yang berhasil disita.

“Pemusnahan ini sebagai tindak lanjut instruksi Kapolda agar Jawa Tengah zero knalpot brong,”kata Kasatlantas.

Dalam kesempatan tersebut, nampak juga sejumlah motor cc besar yang terjaring razia. Petugas juga menyiapkan seorang montir yang bertugas mencopot knalot brong di motor-motor tersebut.

“Motor yang terjaring razia, bisa datang ke sini dengan membawa knalpot standar untuk pengganti. Kami juga menyiapkan montir untuk membantu,”tandasnya.

Kasatlantas menambahkan, razia knalpot brong tak akan berhenti saat ini saja. Penertiban akan terus dilakukan agar Jawa Tengah benar-benar bebas knalpot brong.

Selain razia di jalanan terhadap motor-motor, polisi juga akan melakukan operasi di bengkel hingga toko yang menjual knalpot brong.

“Kami akan mensosialisasikan kepada semua bengkel maupun toko onderdil agar tak melayani pembelian dan pemasangan knalpot brong,”paparnya.

blank
Seorang montir membantu petugas melepas knalpot brong motor yang terjaring razia. Foto:Suarabaru.id

Standar pabrikan

Lebih lanjut, Kasatlantas  mempersilahkan peran aktif masyarakat untuk membantu kepolisian dalam menertibkan knalpot brong. Jika ada warga yang melihat kendaraan dengan knalpt brong, bisa segera lapor polisi.

Kasatlantas juga menegaskan jenis knalpot yang akan dijaring razia adalah knalpot yang tidak sesuai dengan standar pabrikan.

“Knalpot standar pabrikan suaranya pasti tidak bising. Kalau misalnya pemilik kendaraan mau ganti, diperbolehkan asalkan harus menggunakan knalpot yang suaranya tak bising,”paparnya.

Ke depan, penertiban knalpot brong juga akan dilanjutkan terhadap kendaraan roda empat.

Sementara, untuk moge jenis harley davidson, menurut Kasatlantas menurut Kasatlantas belum ada yang terjaring razia.

“Untuk motor harley, sementara tidak ada yang lewat,”ujarnya.

Tm-Ab