blank
Kenali dampak positif dan minuman kopi yuk!

Saat ini minuman kopi menjadi tren dan sangat digandrungi banyak kalangan mulai kalangan muda hingga tua. Kopi dengan banyak varian menambah cita rasa tersendiri khususnya bagi kalangan muda. Bahkan, kopi menjadi minuman rutin untuk dikonsumsi setiap harinya. Lalu apa dampak positif dan negatif kopi bagi tubuh? Simak yuk!

Dampak Positif Kopi

  1. Membantu menjaga kesehatan otak

Berbahagialah bagi pecandu kopi. Dampak positifnya adalah membantu menjaga kesehatan otak dari kandungan kafein yang terdapat pada minuman kopi. Kandungan kafeinnya membantu kita untuk fokus dan menjaga daya ingat.

2. Membantu mencegah penyakit parkinson dan alzheimer

Sesuai kandungan kafein yang terdapat dalam minuman kopi yaitu menjaga daya ingat dan meningkatkan fungsi otak, seccara otomatis membantu kita dari pencegahan penyakit parkinson dan alzheimer. Apa itu parkinson dan alzheimer? Parkinson adalah gangguan saraf otak yang mempengaruji gerakan. Sedangkan alzheimer adalah penyakit otak yang menyebabkan penurunan daya ingat.

3. Membantu menjaga kesehatan hati

Selain menjaga daya ingat otak kita, ternyata kandungan yang terdapat di dalam minuman kopi juga berdampak positif untuk hati dan liver. Journal of Clinical Gastroenterology menyebutkan bahwa kopi bisa membantu tubuh mengurangi lemak yang bernaung di liver kita.

BACA JUGA Mengenal 8 Varian Kopi Kawula Muda Saat ini

Dampak Negatif

Selain dampak positif minuman kopi bagi tubuh, ternyata ada juga dampak negatifnya.

1.Insomnia

Kandungan kafein yang terdapat pada minuman kopi ternyata tak hanya meningkatkan daya ingat dan kerja otak kita. Namun juga berdampak pada negatif. Jika kita minum kopi di waktu yang salah, hal ini akan memicu insomnia. Apa itu insomnia? Insomnia adalah suatu kondisi sulit tidur nyenyak. Jika sudah mengalami insomnia, maka seseorang akan merasa lelah.

2. Gangguan Pencernaan

Minuman kopi tidak selamanya bagus bagi penderita lambung sensitif. Hal ini dikarenakan rasa kopi yang asam memicu asam lambung. Apalagi jika kopi diminum saat lambung dalam keadaan kosong atau belum makan.

3. Jantung Berdebar.

Bagi beberapa orang, kandungan kafein yang terdapat dalam minuman kopi menyebabkan jantung berdebar lebih cepat dibandingkan detak normalnya. Sehingga jantung menjadi cenderung melakukan kontraksi lebih kuat.

Alvaros

 

.