blank
BERKOBAR - Api berkobar dari ruko yang terbakar di Jl A Yani Kota Tegal. (foto: nino moebi)

TEGAL (SUARABARU.ID) – Kendati Kota Tegal seharian diguyur hujan, sebuah ruko di kawasan Jalan Ahmad Yani 11 Kota Tegal, terbakar pada Kamis (20/1/2022) pagi. Rumah di kawasan pertokoan tersebut milik Irawan Kustanto (73) yang dihuni oleh lansia Yenyen (70) bersama pembantu dan kedua anaknya yang masih kecil.
“Saya melihat api sekitar pukul 03.30 WIB dari ruang belakang. Semakin lama bertambah besar selanjutnya minta tolong sama pedagang yang buka nontstop di depan rumah,” kata Yenyen sambil terbata-bata. Yenyen mengaku atas kejadian tersebut perabotan rumah yang ada ludes terbakar. Untuk kerugian materi belum bisa memprediksi.

blank
TERBAKAR – Petugas berusaha memadamkan api ruko Jalan Ahmad Yani Kota Tegal yang terbakar. (foto: nino moebi)

Informasi yang diperoleh dari saksi asisten rumah tangga (ART) di rumah toko tersebut, Wasriah Dwi Lestari (43), mengatakan bahwa peristiwa bermula saat dirinya terbangun lantaran anaknya yang masih berusia empat tahun menangis. Karena kondisi gelap, dia pun akhirnya ke belakang untuk mengambil lampu senter. Saat itulah dia melihat atap kamar mandi belakang sudah terbakar. Kemudian dia membangunkan penghuni rumah lainnya untuk keluar menyelamatkan diri.
Beruntung setelah sampai di luar rumah, mereka bertemu dengan petugas dari kepolisian yang tengah berpatroli dan melintas di depan ruko. Kejadian itu pun langsung dilaporkan ke petugas Polres Tegal Kota dan diteruskan ke petugas pemadam kebakaran, sehingga tim dari Damkar tiba di lokasi beberapa saat kemudian untuk melakukan pemadaman.
Wakapolres Kompol Zaenal Arifin, SIP, MH yang hadir di lokasi kejadian mengatakan, pihak kepolisian masih menyelidiki penyebab terjadinya kebakaran. Upaya pemadaman juga sudah berhasil dilakukan oleh tim Damkar Kota Tegal dengan dibantu mobil pemadam kebakaran dari Brebes maupun Kabupaten Tegal.
“Alhamdulillah kobaran api dapat dipadamkan pada pukul 07.30 WIB, dengan mengerahkan sebanyak enam armada pemadam kebakaran. Untuk penyebab terjadinya kebakaran belum diketahui secara pasti dan masih dalam penyelidikan dari pihak kepolisian,” pungkas Wakapolres.

Nino Moebi