blank

Baru-baru ini NFT menjadi viral karena ada sangkut pautnya dengan Gozali. Apa itu NFT? Ini adalah singkatan dari Non-Fungible Token. 

Berkat NFT, Gozali menjual NFT foto selfienya di OpenSea. Ternyata foto selfienya banyak peminatnya. Dari akun OpenSea miliknya dengan nama Gozali Everyday, foto selfienya ada 933 NFT. Dia mengaku menjual foto selfienya mulai tahun 2017 hingga 2021 sebagai produk NFT. Satu foto selfie dia hargai 0,13 Etherium atau setara dengan Rp. 6 juta hingga 0,7 Etherium atau setara dengan Rp 31 juta.

Apa itu NFT?

NFT adalah aset digital yang disimpan dalam blockchain yang juga bisa digunakan sebagai token kriptografi. Namun, tak seperti mata uang kripto yang menggunakan kriptogragi, desain NFT justru untuk mengunggah berkas seperti halnya karya seni dalam marketplace dengan konsep lelang.

BACA JUGA Hebat Gozali! Foto Selfienya Raup Miliaran Rupiah

Ternyata NFT dan Etherreum memberikan solusi internet saat ini. Era digital menjadikan rentan properti barang fisik direplikasi karena keunikannya, kelangkaannya, dan bukti kepemilikan sebagai hak cipta karya.

Sama halnya seperti barang digital iTunes MP3, teknologi NFT bisa menjadi sebuah kelangkaan karya kreatif digital yang sifatnya hanya ada satu. Sehingga NFT menjaga dan membantu menjaga dan menetapkan setiap data digital yang unik.

Jika ingin melacak NFT bisa melalui blockchain Ethereum. Hash kriptografi akan memproses metadata NFT dengan algoritma hitungan 40 digit huruf dan angka unik.

NFT mewakili aset baik digital maupun non-digital. Aset digital berupa GIF atau format digital lain, koleksi digital, musik, video, dan sebagainya. Sedangkan aset non-digital meliputi tanda tangan, dokumen legal, tiket event tertentu yang bisa digunakan di dunia nyata, dan lainnya.

Saat ini dunia digital merambah makin pesat dan makin rentan orang lain mereplikasi karya seni jika kita tidak mengamankannya.

Alvaros