Suasana di rumah makan Rawon Setan Embong Malang Surabaya. Foto : Eunathasya Inge Rullysia

JIKA anda berkunjung ke Kota Surabaya, tak lengkap rasanya jika tidak menikmati sajian khas dari kota ini. Banyak makanan khas Surabaya atau Jawa Timuran, ada lontong balap, soto, rawon, krengsengan, dan sebagainya.

Naha salah satu yang cukup popular adalah rawon, masakan dengan kuah kehitaman yang khas karena campuran dari kluwek atau pucung ini memiliki tempat tersendiri di hati para penikmat kuliner.

Salah satu penyedia rawon legendaris di kota Surabaya ialah Rawon Setan. Usaha kuliner satu ini sudah berdiri sejak 1952. Jika anda berpikir bahwa nama rawon Setan berasal dari rasa pedas yang menusuk, anda salah.

Diberi nama Rawon Setan karena dahulu tempat makan ini buka sekitar pukul 00.00 WIB sampai dini hari, yang mana jam operasional ini dianggap sama dengan setan yang munculnya di malam hari. Namun sekarang, kuliner ini buka pada pukul 17.00 WIB – 04.30 WIB.

Untuk menikmati seporsi nasi rawon, anda perlu merogoh kocek sebesar Rp. 40 ribu. Nasi rawon ini dihidangkan bersama tauge plus sambal terasi serta dilengkapi potongan daging empuk dengan potongannya yang cukup besar dan diberi taburan bawang goreng yang tentunya menambah rasa nikmat.

Suasana di Rumah Makan Rawon Setan Embong Malang Surabaya. Bukan nonstop 24 jam pada hari normal. Foto : Ist

Tak lengkap rasanya jika menikmati seporsi nasi rawon tanpa lauk tambahan bukan? Di tempat makan ini juga menyediakan berbagai macam lauk tambahan yang sangat cocok untuk menambah cita rasa seporsi nasi rawon.

Beberapa pilihan lauk tambahan seperti tempe goreng, telur asin, telur pindang, empal daging, perkedel kentang, dan beberapa pilihan lain.

Salah seorang pengunjung bernama Monika, mengungkapkan sangat menikmati nasi rawon di Rawon Setan ini.

“Enak empuk dagingnya kak, porsinya jg banyak,” ujarnya.

Selain menjual nasi rawon, di Rawon Setan juga menjual beberapa pilihan menu lain seperti nasi osek, nasi campur, nasi pecel, dan nasi bali daging yang tentunya tak kalah nikmat.

Bagi anda yang ingin menikmati kuliner di Rawon Setan anda dapat berkunjung ke Jl. Embong Malang 78 I, Surabaya, dan nikmati sensasi rawon legendaris di Kota Surabaya.

Inge Rullysia