blank
Peserta Workshop Literasi dan Numerasi

JEPARA (SUARABARU.ID)- Sebanyak 34 guru inti di lingkungan Kelompok Kerja Madrasah Tsanawiyah (KK MTs) 02 Jepara mengikuti workshop penguatan literasi dan numerasi dalam penilaiann berstandar AKM (Asesmen Kompetensi Minimum).

blank
Peserta guru mengikuti kegiatan workshop

Kegiatan yang berlangsung Jumat (14/1/2022) hingga Minggu (16/1/2022) di Bandungan, Kabupaten Semarang ini diharapkan menjadi bekal bagi para guru inti dalam penyusunan penilaian yang berkualitas.

“Output kegiatan ini adalah guru-guru harus mampu membuat jenis-jenis soal yang berstandar AKM,” kata Ketua KKMTs 02 Jepara, Mualimin.

BACA JUGA Kepala SMP di Jepara Usulkan PTM 100 Persen dengan Waktu Penuh

Menurut Mualimin, 34 peserta yang mengikuti kegiatan ini merupakan guru inti dari 11 mata pelajaran yang meliputi rumpun umum dan rumpun agama. “Mapel rumpun umum terdiri dari Matematika, IPA, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, PKn, dan IPS. Sedangkan mapel rumpun agama terdiri dari Al – Qur’an Hadits, Aqidah Akhlaq, Fiqih, SKI, dan Bahasa Arab,” ujar Mualimin.“Khusus Aqidah Akhlak diwakili 4 guru inti. Semua peserta diseleksi oleh MGMP dan pengurus KKMTs 02,” tambahnya.

KKMTs 02 Jepara menghadirkan dua narasumber yang terdiri dari Amiroh Ambarwati dari Balai Diklat Kemenag Provinsi Jawa Tengah, serta Miftahuddin dari Puspenjar.

Ketua Lembaga Pendidikan Ma’arif NU Kabupaten Jepara Fathul Huda saat membuka workshop tersebut mengatakan, kegiatan ini merupakan upaya peningkatan kualitas guru agar semakin berkompeten dalam penyusunan penilaian.

BACA JUGA 20 Orang Sahabat Siaga Bencana Selesai Ikuti Pelatihan Pemadaman Kebakaran

“Setelah mengikuti workshop 3 hari, harus mampu menyusun soal berstandar AKM. Kewajiban selanjutnya adalah menularkan kompetensi ini kepada guru yang lain.

Alvaros – Aksl