blank
Seorang siswa saat menjalani tes PCR guna melacak penyebaran Covid-19 saat pelaksanaan PTM. Foto:Ant/Suarabaru.id

KUDUS (SUARABARU.ID) – Pemerintah Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, dalam pelaksanaan tes Polymerase Chain Reaction (PCR) terhadap siswa maupun guru yang menyasar 805 siswa dan guru di 23 sekolah di semua tingkatan dengan hasil negatif COVID-19.

“Sasaran tes PCR di masing-masing sekolah antara 20-40 orang, sedangkan sasarannya tidak hanya 23 sekolah, melainkan seluruhnya,” kata Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus Andini Aridewi, sebagaimana dikutip dari Antara, Rabu (19/1).

Ia mengatakan tes PCR untuk mengetahui ada atau tidaknya virus penyebab corona terus berjalan sesuai jadwal pelaksanaan karena targetnya memang semua sekolah di semua jenjang sebagai antisipasi penyebaran COVID-19.

Ia mengungkapkan pengambilan sampel spesimen masih akan berlanjut hingga beberapa waktu ke depan. Apalagi, sudah terjadwalkan oleh masing-masing Puskesmas.

Meskipun dari hasil sementara tidak ada temuan siswa maupun guru yang positif, masyarakat khususnya yang beraktivitas di sekolah untuk tetap menerapkan protokol kesehatan dengan ketat, mulai dari memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan.

“Karena, selain vaksinasi, protokol kesehatan menjadi poin wajib untuk mencegah masyarakat Kudus terpapar COVID-19,” ujarnya.

Kepala Seksi (Kasi) Survalen Imunisasi Dinkes Kudus Aniq Fuad menambahkan tes PCR diharapkan menjadi syarat penerapan pembelajaran tatap muka 100 persen.

Untuk itu, Dinkes Kudus bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kudus terkait pelaksanaan penapisan (skrining) kesehatan bagi siswa dan guru, sehingga sekolah yang menyelenggarakan PTM 100 persen dipastikan sudah melakukan penapisan. Terlebih, reagen dan peralatannya tersedia.

“Dengan demikian, anak didik yang melaksanakan pembelajaran tatap muka juga terpantau dengan baik. Kalaupun ada yang menolak diharapkan tidak diizinkan menggelar PTM 100 persen,” ujarnya.

Jumlah sekolah di Kabupaten Kudus, untuk jenjang SD ada 423 sekolah, baik negeri maupun swasta, SMP ada 51 sekolah, dan SMA dan sederajat ada 70 sekolah.

Tm-Ab