blank
Sepeda motor dengan knalpot brong bersama para pengendaranya digelandang ke Pos Polisi Putat. Foto: Polres Grobogan

GROBOGAN (SUARABARU.ID) – Satlantas Polres Purwodadi kembali mengoperasi sepeda motor yang menggunakan knalpot brong yang bunyinya memekakkan telinga.

Puluhan motor dengan knalpot brong dikandangkan petugas Satlantas Polres Grobogan dalam rangka operasi knalpot brong, Jumat – Sabtu, 14-15 Januari 2022.

Mengetahui ada razia polisi, para pengendara yang umumnya masih berstatus pelajar ini langsung kalang kabut melarikan diri. Tidak sedikit mereka lari ke perkampungan tetapi akhirnya bisa ditangkap polisi.

“Kesigapan petugas akhirnya bisa menjaring puluhan pesepeda motor dengan knalpot brong ini. Pada operasi yang digelar hari Jumat, 14 Januari 2022, petugas berhasil menjaring para pengendara yang menggunakan knalpot brong,” Kanit Turjawali Iptu Duddy, Minggu (16/1/2022).

Dibawa ke Pos Polisi

Para pengendara ini langsung dibawa ke Pos Polisi Putat untuk mengikuti pembinaan yang dipimpin Iptu Duddy Lukman Prabowo. “Kita lakukan pembinaan kepada para pengendara yang menggunakan knalpot tidak sesuai dengan spektek ini agar menggunakan knalpot yang standar,” ujar Iptu Duddy.

Operasi pengendara knalpot brong ini terus dilakukan Satlantas Polres Grobogan pada Sabtu, 15 Januari 2022. Petugas menyisir beberapa lokasi yang dinilai menjadi tempat tongkrongan para pemuda yang disinyalir membawa motor dengan knalpot brong. Petugas menyisir Jalan R Soeparapto pada malam hari.

Di depan SPBU Jalan R. Suprapto menggerebek para pemuda yang hendak beraksi memamerkan kemampuannya berkendara dengan knalpot brong. Para pengendara langsung kalang kabut, langsung berlari menghindari petugas.

Petugas langsung mengejar para pengendara knalpot brong ini hingga sampai di terminal Purwodadi, di Jalan Gajahmada. Di sini, petugas menemukan 10 pengendara dengan knalpot brong.

Para pengendara ini langsung diminta membawa motornya ke Mapolres Grobogan dengan berjalan kaki. Di sana, petugas melakukan pembinaan kepada para kaum muda ini. Rata-rata mereka berusia antara 17-18 tahun.

“Kita amankan, kita berikan pembinaan, kita minta mereka untuk buat surat pernyataan dan boleh mengambil motornya setelah diganti dengan knalpot yang original,” ujar Iptu Duddy.

Sementara, Kasat Lantas AKP Sri Martini mengatakan operasi knalpot brong ini merupakan instruksi dari Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Ahmad Luthfi.

Pihaknya menjelaskan, dengan operasi knalpot brong, masyarakat Kabupaten Grobogan bisa merasakan kembali kenyamanan tanpa perlu merasakan kebisingan.

“Kita sering dapat laporan dari masyarakat adanya pengendara yang suka menggunakan knalpot brong ini, maka demi terciptanya kamtibmas, kita lakukan operasi knalpot brong ini,” ungkap AKP Sri Martini.

Menurut AKP Sri Martoini, operasi ini tidak hanya dilakukan pada saat momen-momen tertentu saja. Nantinya, operasi ini akan digelar secara rutin. “Nanti akan kita lakukan operasi rutin dengan sasaran pengendara knalpot brong,” tutupnya.

Tya Wiedya