blank

blank

Oleh: Adi Wisnugroho, S.Pd.

Belajar menjadi bagian terpenting dalam sistem pendidikan. Proses belajar adalah kemampuan siswa untuk mendapatkan informasi dan pengalaman baru dalam bentuk lisan, tulis, karya, dan tingkah laku (Susanto, 2016). Proses belajar dilaksanakan untuk meningkatkan kemampuan siswa dari segi pengetahuan, sikap dan keterampilan.

Melalui proses belajar peserta didik dapat berfikir positif dan berakhlak baik. Perubahan akibat pandemi Covid- 19 adalah proses belajar yang biasannya di laksanakan di dalam kelas menjadi belajar dari rumah atau pendidikan jarak jauh.

Menurut UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, dalam pasal 1 menjelaskan bahwa Pendidikan jarak jauh adalah pendidikan yang peserta didiknya terpisah dari pendidik dan pembelajarannya menggunakan berbagai sumber belajar melalui teknologi komunikasi, informasi, dan media lain.

Tekhnologi komunikasi berupa smartphone atau gadget mengalami perkembangan yang sangat pesat dengan berbagai kecanggihannya. Pada era new normal ini smartphone atau gadget bukanlah barang yang susah kita jumpai. Berdasakan hal tersebut sangatlah mungkin smartphone atau gadget dapat dimanfaatkan sebagai media atau sarana pembelajaran jarak jauh di masa pandemic Covid -19.

Pemanfaatan smartphone atau gadget dalam pembelajaran dapat menggunakan beberapa aplikasi android yang dapat di unduh melalui PlayStore antara lain Whatsapp, Google Meet, Google Calssroom, Quizizz, Zoom, YouTube dan lain sebagainya.

Penerapan kegiatan pembelajaran jarak jauh memicu munculnya permasalahan baru diantaranya siswa kesulitan memahami pembelajaran, menurunnya minat siswa dalam mengikuti pembelajaran, serta siswa merasakan kejenuhan akibat pembelajaran yang monoton. Kejenuhan belajar merupakan keadaan emosional seseorang saat merasa lelah dan bosan yang berkelanjutan sehingga menyebabkan munculnya rasa tidak bersemangat dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, Quizizz memberikan penawaran berbagai macam fitur yang dapat digunakan oleh guru dalam merancang pembelajaran yang menarik dan menyenangkan bagi peserta didik. Ada sepuluh Fitur terbaru dari Quizizz secara gratis yang dapat kita pertimbangkan untuk digunakan dalam pembelajaran adalah sebagai berikut.

  1. Dapat membuat berbagai macam jenis slide sebagai kuis seperti pilihan ganda, survei, fill in the blank, open ended, seri, serta perpaduan slide presentasi dan kuis
  2. Penulisan teks yang lebih adaptif dan fleksibel
  3. Format teks yang lebih beragam
  4. Dapat merubah warna layar
  5. Dapat menambahkan gambar dengan pencarian yang terintegrasi dengan google
  6. Dapat memuat berbagai jenis media dalam satu slide seperti teks, audio, maupun vidio
  7. Dapat memuat math equation yang lebih interaktif seperti semi copy paste dari microsoft word
  8. Dapat mengimpor semua slide dan pertanyaan dari kuis publik dengan hanya satu kali klik
  9. Dapat menyisipkan berbagai materi dari website lain seperti padlet, geogebra, google, wikipwdia, rumah belajar, google foms, dan google slides
  10. Dapat mengimpor presentasi interaktif dari powerpoint, canva, dan google slides ke dalam Quizizz

Selain sepuluh fitur diatas, ada beberapa fitur khusus akun Super yang mememiliki beberapa keunggulan sebagai berikut, dapat mencari Vidio TouTube langsung dari laman slide Quizizz, dapat melakukan rekaman atau upload audio hingga 3 menit, template layar animatif dan variatif akses ke konten super dari kuis public, serta jenis huruf yang lebih beragam

Dengan berbagai macam fitur di atas, penulis sangat terbantu dengan penyajian kuis yang dapat dibuat dengan mudah. Di akhir kuis guru dapat memperoleh rekap hasil kuis yang sudah terkoreksi berikut dengan analisisnya serta dapat disimpan menjadi file maupun di cetak.

Bagi peserta didik sendiri, kuis yang diselenggarakan oleh guru sangat menarik dengan berbagai tampilan animasi, audio yang menyenangkan dan juga dapat memberikan motifasi untuk berlomba menjadi peringkat teratas dalam permainan.

Demikian berbagai fitur menarik dari Quizizz yang bisa digunakan oleh bapak ibu guru pendidik sebagai sedikit referensi dalam menyelenggarakan pembelajaran. Selamat mencoba dan selamat berkreasi.

Penulis adalah guru SD  Negeri 8 Kedungsari, Gebog, Kudus