blank
Dekan Fakultas Hukum Unissula, Prof Dr Gunarto SH MHum

SEMARANG – Problematika hukum menjadi hal yang sering ditemukan dalam kehidupan sehari hari baik yang sederhana maupun yang luar biasa. Guna menyelesaikan permasalahan hukum dibutuhkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal. SDM yang handal tidak lahir di ruang hampa tetapi harus dipersiapkan melalui proses pendidikan yang berkualitas.
Salah satu institusi pendidikan tinggi terkemuka yang fokus menyiapkan SDM unggul adalah Fakultas Hukum (FH) Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) yang berada di Kota Semarang, Jawa Tengah. FH Unissula yang didirikan tahun 1963 saat ini semakin maju dan berkembang menjadi salah satu fakultas hukum terbaik di Indonesia.

Fakultas ini memiliki empat prodi unggulan yaitu S1 Ilmu Hukum yang terakreditasi BAN PT dengan level (Unggul), S2 Magister Ilmu Hukum (Unggul), S2 Kenotarian (Unggul), dan S3 Program Doktor Ilmu Hukum yang terakreditasi A.

Selain terakreditasi nasional keempat prodi tersebut telah terakreditasi internasional dari Accreditation Service of International School, Colleges & Universities (ASIC) dengan level premier (unggul). ASIC merupakan badan akreditasi pendidikan internasional yang berbasis di Inggris.

blank
Gedung Perkuliahan Fakultas Hukum Unissula

Dekan FH Unissula, Prof Dr Gunarto SH MHum (14/1) menyampaikan komitmennya tentang kesiapan fakultasnya memberikan layanan pendidikan hukum berkwalitas untuk menghasilkan SDM- SDM yang handal. “FH Unissula dikenal luas memiliki reputasi yang baik dan memiliki keunggulan dalam berbagai bidang baik struktur dan infrastrukturnya, SDM para dosennya juga dari sisi akreditasinya. Hal itu cukup menjadi gambaran bahwa kami siap memberikan layanan pendidikan unggul untuk mengkader para ahli hukum di Indonesia”, ungkapnya.

Lebih lanjut rektor terpilih Unissula 2022-2027 tersebut mengungkapkan hingga saat ini FH Unissula telah meluluskan banyak sarjana dan tersebar di seluruh Indonesia. Bahkan di luar negeri dan bekerja di berbagai bidang profesi seperti praktisi hukum, penegak hukum, pegawai/pejabat pemerintah, swasta, pengusaha, pendidik di berbagai perguruan tinggi.

Saat ini FH Unissula membuka International Class Programme (ICP) pada program S1 Ilmu Hukum. Mahasiswa pada kelas ini datang dari berbagai latar belakang dan memiliki kesempatan luas mengikuti pertukaran mahasiswa di berbagai universitas mitra di luar negeri.

Keunggulan lainnya mendalami cyber law, pidana, perdata, hukum internasional, Hukum Tata Negara, Hukum Administrasi Negara. Mengembangan ekstra kurikuler mahasiswa melalui penerbitan majalah Suprema, Kelompok studi mahasiswa yang berkonsentrasi melakukan kajian ilmu pengetahuan di bidang hukum, Mahasiwa pecinta alam Fakultas Hukum, Forum Olah Raga Fakultas Hukum, Lembaga dakwah Fakultas, paduan suara dan lainnya.

Fakultas ini juga memiliki ruang peradilan semu yang representatif untuk praktik peradilan. Memiliki perpustakaan modern dan representatif, memiliki berbagai ruang kerja mahasiswa dengan seperangkat komputer.

Fakultas memiliki kerjasama dengan instansi Pemerintah maupun swasta, seperti dengan Kepolisian Republik Indonesia, Kejaksaan, Pengadilan, Komisi Yudisial Republik Indonesia, Mahkamah Konstitusi, Kompolnas, Kementerian Hukum dan HAM, Pengadilan Tinggi Agama Jawa Tengah, organisasi Profesi Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi), Ikatan Advokat Indonesia (IKADIN), Ikatan Notaris Indonesia (INI), Ikatan Pejabat Pembuat Akta Tanah (IPPAT), Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dan lainnya.

Memiliki kerjasama dengan berbagai universitas di luar negeri untuk meningkatkan di bidang pendidikan, penelitian, pengabdian masyarakat, publikasi jurnal internasional, penulisan buku bersama, serta pertukaran mahasiswa dan dosen. Fakultas memiliki pengalaman yang teruji dalam mengkader lulusan yang siap kerja di berbagai bidang pekerjaan seperti: Kejaksaan, Kepolisian, Notaris, Advokad, Hakim, Departemen Luar Negeri, Kemenkumham, Legislatif, Komisi Yudisial, KPK, MK, BPK, Perbankan, PNS, juga Wirausaha.

Informasi penerimaan mahasiswa baru 2022 dan proses pendaftarannya secara online dapat diakses melalui pmb.unissula.ac.id.