blank
Pencanangan pembangunan zona integritas menuju WBK/WBBK di Kemenkumham Jateng. Foto: SB/dok

WONOSOBO (SUARABARU.ID)- Mantapkan diri menghadapi babak baru dalam pembangunan zona integritas dan pelaksanaan kinerja tahun 2022, jajaran Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kanwil Kemenkumham) Jawa Tengah, menggelar deklarasi janji kinerja dan pencanangan pembangunan zona integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM), Rabu (12/1/22).

Kegiatan ini dipusatkan di Aula Kanwil Kemenkumham Jateng. Diikuti secara langsung para Pimpinan Tinggi Pratama dan Pejabat Administrasi Kantor Wilayah, para Kepala Unit Pelaksana Teknis se-Jateng, serta seluruh pegawai di masing-masing Unit Pelaksana Teknis secara virtual.

Termasuk Kepala Kantor Imigrasi (Kanim) Kelas II Non TPI Wonosobo, Ari Widodo AMd Im SIP MSi, juga mengikuti acara itu. Kepala Kanwil Kemenkumham Jateng A Yuspahruddin, memimpin seluruh jajarannya mengumandangkan ikrar, yang memuat tiga poin komitmen.

BACA JUGA: Diwarnai Adu Mulut, Satpol PP Bongkar Bangunan Liar di Kawasan Terminal Terboyo

blank
Kepala Kanim Kabupaten Wonosobo, mengikuti pencanangan pembangunan zona integritas menuju WBK/WBBK di Kemenkumham Jateng. Foto: SB/dok

Janji itu dimulai dengan menjaga kesehatan. Sehingga dapat bekerja secara produktif, melaksanakan perjanjian kinerja secara berkualitas dan akuntabel, dan menyiapkan langkah antisipasi dan mitigasi sedini mungkin, untuk meminimalisasi risiko.

Tidak cukup hanya dengan pelafalan, janji itu juga diperkuat dengan penandatanganan Komitmen Bersama Janji Kinerja, antara para Kepala Divisi dengan Kepala Kantor Wilayah dan antara Kepala Unit Pelaksana Teknis, juga dengan Kepala Kantor Wilayah.

Selain itu, mereka juga menandatangani Komitmen Bersama Pembangunan Zona Integritas menuju WBK dan WBBM. Diperkuat dengan penandatanganan Pakta Integritas antara Kepala Kantor Wilayah dengan Kepala Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Jateng.

BACA JUGA: Pedagang Pasar Johar Minta Sebelum Puasa Semua Sudah Tempati Lapak

Sementara itu, Kepala Kanwil Kemenkumham Jateng, A Yuspahruddin juga menandatangani Piagam Pencanangan Pembangunan Zona, yang disaksikan Ketua Pengadilan Tinggi Semarang, Kepala Ombudsman Republik Indonesia Jateng dan Perwakilan Kejaksaan Tinggi Jateng.

”Kami berjanji untuk melaksanakan kinerja sebaik mungkin. Kami sengaja minta tolong untuk menyaksikan, hingga nanti andaikata kami tidak melaksanakan janji kami, bisa langsung menegur kami,” ujarnya.

Kakanwil juga mengajak jajarannya, untuk berkomitmen memberikan pelayanan yang terbaik.

”Saya ajak kita semuanya berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang terbaik, tidak ada kecualinya. Saya sudah sampaikan kepada seluruh petugas, kepada seluruh Unit Pelaksana Teknis, bahwa kita bukan bos, bahwa kita adalah pelayan,” tegasnya.

Muharno Zarka-Riyan