Berkas penting kantor BRI Pasar Kliwon yang hangus terbakar. Foto:Suarabaru.id

KUDUS (SUARABARU.ID) – Tim pemadam kebakaran akhirnya bisa menjinakkan api yang melalap kantor BRI unit Pasar Kliwon Kudus, Kamis (13/1) siang. Meski tidak ada korban jiwa, namun banyak dokumen penting yang hangus terbakar.

Saat ini lokasi kebakaran sudah dipasangi garis polisi untuk proses penyelidikan. Tim dari BRI dan petugas kepolisian terlihat memeriksa sisa-sisa kebakaran yang terjadi.

Pimpinan Cabang BRI Kudus Ikwan Darmawan mengatakan semua berkas di lantai dua ludes terbakar. Padahal, berkas-berkas itu sudah disimpan di lemari besi.

Mengenai kejelasan isi berkas itu, Ikwan mengaku masih belum mengetahuinya. Sementara BPKB, sertifikat dan jaminan nasabah aman. Sebab, berkas-berkas penting itu disimpan di lantai satu.

Ikhwan mengatakan, kebakaran terjadi sekitar kul 12.00 WIB. Saat itu, listrik di kantor sedang padam. Saat petugas menyalakan genset, tiba-tiba muncul percikan api. Munculnya percikan api itu diduga menjadi penyebab terjadinya kebakaran.

Menurutnya, pegawainya sudah berusaha mencegah api menjalar dengan memadamkan menggunakan APAR. Namjn, api tetap tidak bisa dikendalikan.

Baca juga:Kantor BRI Pasar Kliwon Terbakar, Berawal dari Konsleting Listrik

Tujuh armada pemadam kebakaran dari berbagai pihak dikerahkan untuk memadamkan api di sana. Beberapa petugas pemadam kebakaran juga sempat mengambil beberapa kertas dari lantai dua.

Kemudian berkas-berkas itu di lempar ke bawah. Beberapa berkas sudah terbakar dan tidak utuh.

Beberapa judul masih terlihat. Ada berkas yang tertulis ‘Berkas Kupedes’, ‘Kartu Keluarga’, stopmap, dan berkas lainnya yang sudah tidak dapat terbaca karena terbakar.

Sementara, Bupati Kudus Hartopo mengaku sudah mendapat laporan kejadian kebakaran tersebut. Menurut bupati, berkas penting yang terbakar sudah ada salinannya.

“Tadi sudah tanya ke pemimpin cabang. Memang ludes terbakar. Tetapi mereka bilang punya back up-nya. Tadi sudah menyampaikan ke saya,” kata Hartopo.

Tm-Ab