blank
Juara 1 diraih oleh Galang Dwi Kartika dari SMA N 1 Tahunan (Foto: Dwi Agus Susila)

JEPARA (SUARABARU.ID) – Jepara terkenal dengan produk ukirnya. Hal ini menunjukkan bahwa orang Jepara memiliki karakteristik dengan kearifan lokal yang mereka miliki. Juga yang melatarbelakangi mahasiswa Desain Produk Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Nahdlatul Ulama (Unisnu) Jepara dalam event Custom Furniture Fest 2022 salah satunya menyelenggarakan lomba desain ukir secara daring belum lama ini melibatkan para pelajar tingkat SMA sederajat.

blank
Jati Widagdo, S.Sn., M.Sn., dosen Desain Produk Unisnu saat menyerahkan trophy dan hadiah kepada peraih juara 1 lomba desain ukir.

“Sebagai bukti, peraih juara lomba desain ukir bukan dari sekolah formal yang belajar khusus tentang ornament,” ujar Jati Widagdo, S.Sn., M.Sn., dosen Desain Produk Unisnu.

Penyelenggaraan lomba desain ukir ini, menurut Jati, untuk mengembangkan daya tarik terhadap ukir para pemuda Jepara. “Semakin berkurangnya minat ukir pemuda Jepara disebabkan kurang pedulinya Pemda Jepara secara nyata terhadap ukir. Sebagai bukti, tidak adanya data konkret jumlah pengukir aktif dan pengukir pasif. Juga tidak ada data tingkatan pengukir mahir, sedang, dan biasa. Terlebih sertifikasi asesor ukir dan sertifikasi pengukir tidak digarap secara nyata,” ungkapnya.

BACA JUGA Unisnu Tebarkan Kreativitas Melalui Custom Furniture Fest

blank
Desain juara 2 karya Mochammad Yoga Pratama dari SMK Hasan Kafrawi Pancur

Sehingga, Jati menambahkan, untuk menumbuhkan keminatan ukir generasi muda terhadap warisan leluhurnya diperlukan upaya pijakan untuk memulai melestarikan.

Telah diketahui peserta lomba yang mendaftar dan mengumpulkan karya ada 10 siswa. Hasil lomba telah diumumkan pemenangnya. Menurut salah satu juri panitia lomba, Tauvik Nurohim, kriteria penilaian desain ukir dinilai berdasarkan segi ketepatan bentuk desain ukir dan juga orisinil karya. “Mereka yang mengumpulkan karya diantaranya perwakilan dari SMK Hasan Kafrawi, SMA N 1 Tahunan, SMK N 2 Jepara, dan SMA 1 Jepara,” ujarnya.

blank
Desain ukir juara 3 diraih oleh Achmad Faisol dari SMK Hasan Kafrawi Pancur

BACA JUGA Unisnu Gelar National Startup Competition Libatkan 21 Perguruan Tinggi di Indonesia

Penyerahan hadiah lomba desain ukir diserahkan langsung oleh dosen Prodi Desain Produk, Jati Widagdo, M.Sn. Juara 1 diraih oleh Galang Dwi Kartika dari SMA N 1 Tahunan, juara 2 diraih oleh Mochammad Yoga Pratama (SMK Hasan Kafrawi Pancur), dan juara 3 diraih oleh Achmad Faisol dari SMK Hasan Kafrawi Pancur.

Jati bangga kegiatan lomba ini terselenggara. “Saya sangat mengapresiasi para mahasiswa angkatan 2018-2019 gabungan R1 dan R2 ini menyelenggarakan lomba desain ukir. Sehingga akhirnya kita tahu keminatan pemuda Jepara melalui potensinya,” ucap Jati.

Alvaros

BACA JUGA Unisnu Umumkan Pemenang National Startup Competition