Historic Building Lawang Sewu (Museum Lawang Sewu). Foto: Dok/ist

SEMARANG (SUARABARU.ID)- PT Kereta Api (KA) Pariwisata memberlakukan tarif baru masuk Historic Building Lawang Sewu (Museum Lawang Sewu) dan Indonesian Railway Museum Ambarawa (Museum Ambarawa).

Tarif masuk bagi wisatawan dan para pengunjung yang ingin berwisata ke Museum Lawang Sewu dan Museum Ambarawa sudah diberlakukan secara efektif mulai 10 Januari 2022.

Humas PT KA Pariwisata, M.Ilud Siregar menyampaikan, untuk tarif tiket masuk Museum Lawang Sewu dan Museum Ambarawa terbaru terbagi dalam 3 golongan, yakni untuk tarif tiket masuk dewasa Rp.20.000,- tiket masuk anak dan pelajar Rp.10.000,- dan tarif tiket masuk wisatawan mancanegara (Wisman) Rp.30.000,-

Baca Juga:Wuih, Ini Wahana Baru Wisata Susur Sungai di Pacitan

Indonesian Railway Museum Ambarawa (Museum Ambarawa). Foto: Dok/ist

Sedangkan untuk jam operasional Museum Lawang Sewu pada hari biasa berlangsung mulai pukul 08.00 WIB hingga 17.00 WIB, dan saat akhir pekan atau hari libur jam operasionalnya menjadi lebih panjang yakni mulai pukul 08.00 WIB hingga 20.00 WIB.

“Untuk jam operasional Museum Ambarawa mulai pukul 08.00 WIB hingga 16.00 WIB dengan persyaratan masuk ke museum, setiap pengunjung wajib sudah vaksin minimal dosis 1, scan barcode PeduliLindungi di pintu masuk museum, dan tetap menerapkan protokol kesehatan. Untuk anak usia 12 tahun boleh masuk dengan syarat pendamping atau orang tua sudah vaksin minimal vaksin dosis 1,” ungkap Ilud, Selasa (11/1/2022).

“Bagi para pengunjung yang akan menggunakan atau menaiki kereta wisata regular yang jalan saat weekend (Sabtu dan Minggu) serta hari-hari besar dan cuti bersama (tanggal merah) dikenakan tarif senilai Rp.100.000,-per penumpang,” tuturnya.

Baca Juga: Borobudur Edupark, Tempat Bagus untuk Eksplore Misteri Candi Borobudur

Ilud mengatakan, dalam mengantisipasi penyebaran virus corona Covid-19 dan varian Omicron, KAI Wisata terus meningkatkan dan memperketat penerapan protokol kesehatan untuk para pengunjung yang ingin berwisata ke Museum Lawang Sewu dan Museum KA Ambarawa.

Disampaikan bahwa sejak dibuka kembali di masa PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) pada bulan Agustus 2021, KAI Wisata tetap menerapkan protokol kesehatan di lokasi wisata gedung bersejarah Lawang Sewu dan Museum KA Ambarawa.

Kami menyediaan fasilitas untuk higienitas para pengunjung seperti tempat cuci tangan, hand sanitizer, pengecekan suhu dengan thermogun. Ada juga himbauan agar pengunjung selalu menjaga jarak, serta penerapan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) sesuai protokol kesehatan,” sambung Ilud.

Baca Juga: Kabar Gembira, Seluruh Objek Wisata Air di Kabupaten Magelang Dibuka Kembali

Disebutkan bahwa seluruh pekerja dan seluruh mitra telah melaksanakan vaksin, memasang spanduk dan flyer guna sosialisasi persyaratan kunjungan di Museum Lawang Sewu dan Museum KA Ambarawa.

“Juga mengevaluasi alur pelayanan, dan menyiapkan tenaga security tambahan di gerbang pintu masuk yang bertugas mengecek sertifikat vaksin para calon pengunjung, sehingga meminimalisir terjadinya antrian,” ujarnya.

Diketahui, hingga saat ini, kunjungan wisatawan yang datang ke Lawang Sewu dan Museum KA Ambarawa terus meningkat.

“Ada sekitar 296.148 pengunjung Lawang Sewu dan kurang lebih 84.344 pengunjung Museum KA Ambarawa. Sementara, untuk pengunjung yang menggunakan Kereta Wisata reguler ada 17.012 penumpang, dan yang menggunakan Kereta Wisata Ambarawa (lokomotive uap/diesel) pola carter sebanyak 1676 penumpang,” pungkasnya.

Ning