blank
Warga secara gotong royong melakukan perbaikan jalan desa. Foto: ISt

BLORA (SUARABARU.ID) – Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) “Langen Jati” Desa Tanggel, Kecamatan Randublatung, Kabupaten Blora menerapkan dana sharing dari Perhutani, untuk memperbaiki jalan desa.

Perbaikan jalan des aitu dilaksanakan secara gotong royong antara masyarakat, LMDH, dan Perhutani, Selasa (11/1/2022).

LMDH “Langen Jati” mendapatkan dana sharing produksi, dari hasil tebangan tahun 2020, di petak pangkuannya sebesar Rp 50,998 juta. Salah satu penerapannya, adalah untuk biaya fisik desa, dan perbaikan jalan. Dan kali ini, digunakan untuk perbaikan jalan di dukuh Jambean, Desa Tanggel, Kecamatan Randublatung sepanjang 1 km.

Dana Sharing dan Swadaya

blank
Sutamsu, Ketua LMDH Desa Tanggel. Foto: ISt

Ketua LMDH “Langgen Jati” Desa Tanggel, Sutamsu menyampaikan bahwa perbaikan jalan desa dukuh Jambean, desa Tanggel ini pembelian materialnya menggunakan dana sharing dari Perhutani, dan iuran swadaya Masyarakat. Kemudian pelaksanaanya dilakukan secara gotong royong antara Pemerintah Desa, Masyarakat, LMDH dan Perhutani.

“Perbaikan jalan ini pembelian materialnya menggunakan dana sharing yang di terima LMDH Langen Jati dari Perhutani dan swadaya masyarakat, kita koordinasikan dengan pemerintah desa untuk pengerjaannya, dilakukan secara gotong-royong dengan masyarakat, LMDH, Perhutani dan Pemerintah Desa,” ujar Sutamsu, yang juga mantan anggota DPRD Blora ini.

Di tempat yang berbeda,  Administratur Perhutani KPH Randublatung, Dewanto menyampaikan terima kasih kepada LMDH “Langen Jati” yang telah menerapkan dana sharing Perhutani, untuk perbaikan jalan desa tersebut.

“Kami sampaikan terima kasih kepada LMDH Langen Jati atas penerapan dana sharing untuk pembangunan fisik desa, semoga dengan perbaikan akses jalan ini, bisa memperlancar perekonomian, yang ada di dukuh Jambean, Desa Tanggel, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa sekitar hutan,” tandas Dewanto.

Kudnadi