blank
Kapolres Kebumen AKBP Piter Yanottama menyerahkan hadiah uang pembinaan kepada perangkat Desa Semondo, Kecamatan Gombong.(Foto:SB/Ist)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Melalui penjurian secara ketat, Pos Kamling Desa Semondo, RT 03/02, Kecamatan Gombong, Kabupaten Kebumen, berhasil menjad Juara Pertama lomba Pos Kamling yang digelar Sat Binmas Polres Kebumen.

Pos Kamling Desa Semondo mendapatkan total poin 8.236 dari juri dan berhasil menyisihkan 5 peserta lomba lainnya.

Juara dua diraih Pos Kamling Desa Mrentul, RT 06/01, Kecamatan Bonorowo, dengan total point 7.947. Juara ketiga diraih Pos Kamling Kelurahan Kebumen, RT 02/07, Kecamatan Kebumen, Kabupaten Kebumen dengan nilai poin 7.614.

Selanjutnya Pos Kamling Desa Sitireja, RT 02/01, Kecamatan Klirong harus puas di urutan ke empat setelah berhasil memperoleh 7.502 point dari dewan juri.

blank
Kapolres Gombong AKP Willy Budianto menerima Piagam Penghargaan dari Kapolres Kebumen AKBP Piter Yanottama.(Foto:SB/Ist)

Kapolres Kebumen AKBP Piter Yanottama saat memimpin apel pagi rutin menyerahkan hadiah kepada para pemenang lomba Pos Kamis di halaman Mapolres, Senin (10/1).

“Selamat kepada para pemenang lomba Pos Kamling. Aktifitas Pos Kamling sebagai representasi pentingnya keamanan telah terinternanilsasi,”ujar AKBP Piter Yanottama .

Para peserta lomba adalah Pos Kamling yang termonitor aktif oleh Polsek setempat, lalu diusulkan menjadi peserta untuk dilombakan.

Pos Kamling merupakan sarana komunikasi antara masyarakat dengan Polri dalam upaya mewujudkan situasi Kamtibmas di wilayah masing-masing.

Situasi Kamtibmas yang kondusif  sebuah desa bukan hanya tanggung jawab TNI dan Polri saja, namun ada peran aktif dalam masyarakat.

Melalui perlombaan itu, masyarakat menampilkan bagaimana sistem pengamanan suatu wilayah melalui ronda malam dan penyelesaian masalah.

Kapolres Kebumen berharap, apa yang telah diperagakan dan menjadi point plus dalam penilaian lomba bisa diaplikasikan dalam kegiatan ronda sehari-hari.

Lomba Pos Kamling juga diharapkan dapat merangsang desa lain untuk kembali mengaktifkan kegiatan ronda malam menjaga situasi Kamtibmas di wilayah masing-masing.

Komper Wardopo