blank
Bersamaan dengan patroli ke objek wisata Wadukgajahmungkur, personel Polsek Wonogiri Kota membagikan masker kepada pengunjung dalam rangkaian memberikan edukasi Prokes.
WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Peran ganda, diberikan oleh jajaran Polsek Wonogiri Kota pimpinan Kapolsek AKP Dr Dwi Krisyanto, saat melakukan patroli ke objek wisata Waduk Gajahmungkur Wonogiri.

Pertama, patroli dilakukan untuk menyambangi tempat pelancongan tersebut, dalam upaya menjaga situasi keamanan ketertiban masyarakat (Sitkamtibmas), dan mengantisipasi kemunculan ancaman tindak kriminalitas.

Dalam berekreasi, pelancong diminta untuk waspada mengutamakan keselamatan. Seperti menjaga anak-anaknya saat bersenang-senang di arena permainan. Termasuk ketika berperahu di perairan Waduk Gajahmungkur, harus mengedepankan aspek safety.

Kedua, memberikan edukasi kepada para pelancong, untuk berdisiplin mematuhi protokol kesehatan (Prokes) pencegahan penularan Corona Virus Disease (Covid)-19. Yakni tentang 5 M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, mengurangi mobilitas dan interaksi).

1.757 Pelancong

Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pariwisata Kabupaten Wonogiri, Pardiyanto, Senin (10/1), menyatakan, pada Hari Minggu (9/1), objek wisata Waduk Gajahmungkur dikunjungi 1.757 orang pelancong.
blank
Peran ganda diberikan jajaran Polsek Wonogiri Kota, ketika melakukan patroli ke objek wisata Waduk Gajahmungkur. Yakni jaga Sitkamtibmas dan edukasi Prokes Covid-19.

Sementara itu, Kasubsi Penmas Humas Polres Wonogiri, Aiptu Iwan Sumarsono, Senin (10/1), menyatakan, Polsek Wonogiri yang melakukan patroli ke Waduk Gajahmungkur terdiri atas Kapolsek AKP Dr Dwi Krisyanto, Kanit Binmas Aiptu Sugiarto, Kanit Reskrim Aipda Joko Afrianto, dan Briptu Danar Setyawan.

Kepada masyarakat pelancong, diimbau untuk berdisiplin mematuhi Prokes. Hal itu penting dilakukan, dalam upaya mengantisipasi kemunculan dan penyebaran varian baru Omicron.

Di Jakarta, Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Sabtu (8/1), mencatat ada penambahan 75 orang terkonfirmasi Omicron, sehingga totalnya menjadi sebanyak 414 orang. Perinciannya selama Desember 2021 sebanyak 136 orang dan selama 8 hari di awal Tahun 2022 sebanyak 278 orang.

Menurut Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kemenkes Dokter Siti Nadia Tarmidzi, kebanyakan yang terinfeksi Omicron adalah mereka yang sudah divaksinasi lengkap. Dari 414 kasus Omicron, sebanyak 31 kasus karena transmisi lokal. Sisanya merupakan pelaku perjalanan luar negeri.

Bambang Pur