blank
Batuud Koramil-10 Wuryantoro Kodim 0728 Wonogiri, Pelda Rohmat (kanan), memberikan pendampingan pada pelayanan vaksinasi door to door.

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Tim Gugus Tugas Covid-19 Kecamatan Wuryantoro, Kabupaten Wonogiri, melakukan pelayanan vaksinasi door to door (dari pintu ke pintu).

Ini dilakukan, dalam rangka mendukung percepatan vaksinasi kepada masyarakat, agar pencapaiannya dapat maksimal. Utamanya untuk menumbuhkan kekebalan kelompok (herd immunity) dan pencegahan penularan Corona Virus Disease (Covid)-19.

Danramil-10/Wuryantoro Lettu (Inf) Suraji melalui Penerangan Kodim (Pendim) 0728 Wonogiri Serma Indra, Sabtu (8/1), menyatakan, pelayanan door to door diberikan kepada warga lansia yang tidak mampu berjalan jauh.

Juga kepada warga yang ingin bervaksin tapi mengalami kesulitan untuk mengakses pelayanan vaksin massal di Puskesmas atau di Kantor Kecamatan. Dengan pelayanan ini, diharapkan dapat menjangkau masyarakat lebih luas.

Tampil Proaktif

Pelayanan ini dilaksanakan dengan model jemput bola. Tim medis vaksinator dari Puskesmas, peduli mendatangi ke rumah-rumah warga. Terkait ini, Batuud Pelda Rohmat, tampil secara proaktif mendampingi petugas vaksinator.

blank
Sementara itu personel Koramil dan Polsek Ngadirojo, Wonogiri, proaktif menggelar penegakan disiplin Prokes ke pasar dan terminal.

Itu sebagaimana dilaksanakan di Desa Pulutan Kulon dan Desa Genukharjo, Kecamatan Wuryantoro, Kabupaten Wonogiri misalnya. Yang memberikan kemudahan masyarakat mendapatkan pelayanan vaksin, utamanya para lansia yang karena keterbatasan pisiknya tidak bisa datang ke Puskesmas.

Kegiatan ini, melibatkan pula para kader Posyandu dan perangkat desa para Ketua RT dan Ketua RW serta tokoh masyarakat.

Vaksinasi di Kabupaten Wonogiri ditargetkan 855.663 orang dari jumlah penduduk sebanyak 1.069.659 jiwa. Yang sudah vaksin tahap pertama sebanyak 678.523 orang dan tahap kedua sebanyak 624.248 orang serta yang sudah vaksin ketiga sebanyak 2.989 orang. Yang belum divaksin sebanyak 177.140 orang.

Bambang Pur