blank
Foto bersama para peserta pelatihan. Foto: USM

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Badan Penjaminan Mutu (BPM) Universitas Semarang (USM) sudah dilantik beberapa waktu lalu. Langsung saja setelah pelantikan, berbagai kegiatan telah dilakukan oleh BPM USM.

Di antaranya kegiatan Badan Penjaminan Mutu (BPM) USM itu adalah melakukan pendampingan pada Program Studi yang akan reakreditasi, melakukan pembenahan Prosedur Sistem Mutu (PSM), juga mengadakan Pelatihan Sistem Penjaminan Mutu Internal dan Auditor Mutu Internal selama dua hari pada  6 – 7 Januari 2022.

Pelatihan yang dibuka oleh Wakil Rekor I USM Prof. Dr. Ir. Sri Budi Wahyuningsih, M.P. diikuti oleh 7 orang anggota BPM USM. Dalam sambutannya Prof Budi menyampaikan bahwa jajaran pengelola BPM USM memang masih baru, namun diharapkan dengan adanya kegiatan ini akan memberikan pencerahan kepada semua anggota tim untuk lebih mantap dalam menjalankan tugas meningkatkan penjaminan mutu di USM.

“Selain itu kegiatan ini juga menambah jumlah auditor di USM,  kegiatan yang diikuti semua anggota BPM ini mendatangkan Praktisi Sistem Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi yang sangat berkompeten yaitu Dr. Sri Yulianto Joko Prasetyo, SSi, M.kom dari UKSW Salatiga” ungkap Prof Budi.

Dr. Sri Yulianto menyampaikan materi mencakup Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI), Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNPT), Audit Mutu Internal (AMI), PPEPP, Laporan Evaluasi Diri dan pada hari terakhir dilakukan Praktek menjadi seorang Auditor.

Ia  menyampaikan bahwa penjaminan mutu di perguruan tinggi memiliki peranan penting untuk  melakukan audit internal akademik maupun non akademik dan memberikan evaluasi serta Langkah tindak lanjut demi terwujudnya Perguruan Tinggi yang memiliki standar sesuai SNPT yang tertuang dalam Permendikbud No 03 Tahun 2020

“Mulai dari penetapan, pelaksanaan, evaluasi pelaksanaan, pengendalian dan peningkatan standar Dikti. Selain itu standar nasional pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat juga harus diperhatikan,” Prof Budi.

Ketua BPM USM Dr. Ardiani Ika S, SE,MM. Ak,CA,PA menyampaikan harapannya agar semua standar tersebut akan dapat tercapai, atau bahkan melampaui target sehingga ke depannya semua Prodi yang ada di USM makin meningkat akreditasinya.

“Untuk tahap selanjutnya BPM USM juga akan melakukan pelatihan yang sama bagi tim Gugus Kendali Mutu dan para Ketua Program Studi di USM, sehingga akan mencetak auditor mutu internal yang semakin banyak,” ungkapnya.

USM