blank
Sejumlah petugas melakukan kerja bakti membersihkan Taman Kali Tuntang, yang ada di depan Kantor Bupati Demak. Foto: dok/ist

DEMAK (SUARABARU.ID)– Kondisi Taman Kali Tuntang kini terlihat tak terawat, dengan banyaknya tumbuhan liar serta sampah bekas makanan dan minuman. Kondisi ini dinilai sangat mengganggu keindahan taman, yang dijadikan sebagai ruang publik.

Terkait dengan hal itu, Pemkab Demak langsung mengerahkan aparaturnya, untuk melaksanakan kegiatan kerja bakti, melalui gerakan Jumat Bersih, Jumat (7/1/2022), di lokasi yang berada di depan Kantor Bupati itu.

Taman yang berada di sepanjang Kali Tuntang ini, sebelumnya sering dikunjungi warga untuk bersantai, dan menjadi pilihan wisata gratis. Sebagai ruang publik, sudah semestinya Taman Kali Tuntang memberikan kenyamanan bagi pengunjung yang datang.

BACA JUGA: Kasatlantas Polres Grobogan Merayu Anak yang Takut Divaksin

Karimun, warga sekitar Taman Kali Tuntang mengatakan, lokasi itu kini terlihat kurang terurus. Selain itu juga, akibat kurangnya rasa peduli pengunjung taman yang masih membuang sampah sembarangan.

”Banyak tanaman liar yang sudah mulai tumbuh menutupi keindahan taman. Ditambah banyak pengunjung yang kurang memperhatikan kebersihan lingkungan. Mereka membuang sampah sembarangan, sehingga menambah kekumuhan,” ungkap Karimun.

Sementara itu, salah satu staf OPD Pemkab Demak, Adi Ragil menyampaikan, sampah menumpuk akibat terbawa air hujan, sehingga sulit untuk dibersihkan. Kondisi ini diperparah, karena sejumlah tempat sampah yang telah disediakan hilang, akibat ulah pelaku yang tak bertanggungjawab.

”Banyak juga fasilitas yang rusak, seperti tempat duduk yang patah, lampu penerang hilang, dan kabel saluran listrik pun banyak yang putus bahkan hilang. Ini juga ulah tangan-tangan jahil yang tidak bertanggungjawab,” tutur dia.

Rudy-Riyan