blank
Bupati Kebumen Arif Sugiyanto didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Ny Iin Windarti dan Sekda Ahmad Ujang Sugiono menerima audiensi Komisi Penanggulangan AIDS Kabupaten Kebumen.(Foto:SB/Ist)

KEBUMEN (SUARABARU.ID)- Angka penemuan kasus HIV AIDS di Kabupaten Kebumen masih tertinggi di Jateng. Sedangkan kasus homoseks juga meningkat.

Hal tersebut terungkap saat Bupati Kebumen Arif Sugiyanto menerima audiensi  Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Kebumen dan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kebumen Ny Iin Windarti di Ruang Transit Rumah Dinas Bupati, Kamis (6/1)

Menurut Bupati Arif Sugiyanto, berdasarkan data Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Kebumen, angka penemuan kasus AIDS pada 2021di Kebumen masih tertinggi di Jawa Tengah.

“Di tahun 2021 angka penemuan kasus HIV Kebumen nomor 3 se Jateng. Dengan 130 kasus. Tertinggi pertama Kota Semarang 180 kasus, kedua Pati 152 kasus. Tapi untuk penemuan kasus AIDS Kebumen tertinggi dengan 47 kasus. Disusul Cilacap 41 kasus,”jelas Arif Sugiyanto.

Meski masih tertinggi, lanjut Arif Sugiyanyo, angka kasus HIV AIDS di Kebumen dari tahun ke tahun mengalami penurunan.”Dari tahun 2016 sebanyak 178 kasus, tahun 2017ada 267 kasus, 2018 ada 219 kasus, 201ada  184 kasus, 2020 ada 277 kasus, dan 2021 turun lagi 164 kasus,” terang orang nomor satu di Kebumen itu.

Bupati menyebut kasus HIV AIDS di daerahnya didominasi dari kalangan milenial dari umur 20 sampai 34 tahun. Kemudian banyak juga usia 40-50 tahun. Tertinggi 30-34 tahun. Penderita terbanyak kaum laki-laki, dengan pekerjaan sebagai karyawan.

Tertinggi di Kecamatan Kebumen, Disusul Gombong

Selanjutnya, terbanyak kedua Ibu Rumah Tangga atau IRT, ketiga buruh, keempat wiraswasta, kelima tidak punya pekerjaan, keenam mahasiswa atau pelajar dengan angka kasus 8 orang.

“Tertinggi ada di Kecamatan Kebumen, kedua Gombong, Ketiga Puring, Keempat Klirong, kelima Petananan. Kemudian 50 kasus HIV AIDS di Kebumen itu los kontak dengan KPA,” terang Bupati.

Secara keseluruhan, Bupati menyebut orang terkena HIV AIDS dari 2003 sampai 2021 total ada 1.732 orang. 606 orang dinyatakan meninggal, dan yang hidup sampai saat ini sebanyak 1.127 orang.

Yang aktif mengambil obat atau terawat oleh medis sebanyak 458. Kemudian los kontak sebesar 669 orang.

Bupati menyayangkan angka kasus HIV AIDS masih tergolong tinggi. Karena itu ada beberapa upaya yang dilakukan pemerintah dalam penanganan kasus HIV AIDS. Di antaranya, pemerintah memberikan obat gratis kepada penderita. Penguatan anggaran melalui kebijakan pemerintah.

Pemkab, lanjut dia, juga terus menjalin kemitraan dengan berbagai pihak, internal maupun eksternal. Membentuk kelompok warga peduli HIV AIDS di semua desa. Aktif melakukan sosialisasi dan pencegahan tentang bahaya HIV AIDS. Meyediakan 47 layanan VCT.

Sediakan Layanan Konseling

Menurut Bupati , pihaknya juga menyediakan layanan konseling, kemudian membuat program Nikah Yes, HIV NO!!, serta n terus aktif melakukan kampanye penangulangan HIV AIDS di masyarakat. Doa berharap pada  2025 nanti sudah tidak ada lagi kasus HIV AIDS baru di Kebumen.

Dirinya mengimbau kepada masyarakat agar tidak menghakimi atau memusuhi mereka para penderita HIV AIDS. Sebaliknya, masyarakat diminta untuk memberikan suport dan dukungan moril kepada penderita agar mau berobat dan menjalani hidup dengan semangat.

“Penderita HIV AIDS tidak perlu kita benci dan kita jauhi. Karena penularan HIV AIDS melalui jalur-jalur tertentu. Saya juga mengimbau kepada masyarakat jauhi seks bebas. Bagi yang belum nikah jangan coba-coba melakukan hubungan terlarang. Bagi yang sudah nikah cukup satu pasangan,” jelasnya.

Kabid Pencegahan Penyakit (PP)  Kesehatan Masyarakat Dinkes Kebumen dr Aurina Widya Hapsari, menambahkan, kasus HIV AIDS di Kebumen memang tergolong tinggi. Namun ia tekankan bahwa HIV AIDS ini layaknya fenomena gunung es.

“HIV AIDS seperti gunung es yang terlihat hanya pucuknya, bisa jadi permukaannya lebih banyak. Kebumen tercatat banyak kasus karena memang kita aktif mencari data para penderitanya. Bukan hanya di pucuk. Yang kabupatennya sedikit bisa jadi permukannya tidak kesentuh, sehingga tidak tercatat,”jelas Aurina.

Menurut Kabid PP Dinkes itu, penyebab HIV AIDS di Kebumen masih disebabkan karena perilaku seks menyimpang. Yang menarik adalah angka tren homoseksual di Kebumen meningkat, menjadi urutan ke dua dengan 44 kasus. Tertinggi masih heteroseks 106 kasus.

Komper Wardopo